Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mengobati Bayi Kolik Secara Alami Dan Cepat

Cara Mengobati Bayi Kolik Secara Alami Dan Cepat

Sekitar 25% bayi baru lahir mengalami serangan tangis yang tidak dapat dijelaskan dan tidak dapat dihentikan, biasanya sering disebut bayi kolik. Gangguan ini dimulai pada bulan-bulan pertama kehidupan dan mencapai puncaknya sekitar usia 6 minggu. Hampir semua bayi dengan kolik menghadapi kondisi ini hingga usia 3 bulan. Sementara itu, ada beberapa pengobatan yang bisa membantu anak.

Bayi dengan kolik mungkin menangis selama beberapa jam sehari, terutama pada bagian pertama malam. Dia mendekatkan lututnya ke dadanya, dan perutnya bengkak dan kaku. Dalam hal ini Anda tertidur, setelah satu atau dua jam Anda mungkin bangun sambil menjerit.

Kebanyakan bayi dengan kolik sehat. Mereka menangis karena berbagai alasan, tetapi tangisan kolik berbeda, karena bayinya sakit, dan bukan hanya lelah atau lapar. Nyeri diperkirakan berasal dari otot yang kencang di dinding usus, tetapi penyebab pastinya tidak diketahui. Penjelasan yang mungkin termasuk:

  • Retensi gas di usus.
  • Masalah nutrisi
  • Reaksi terhadap asap rokok atau ASI yang dicampur dengan nikotin;
  • Alergi terhadap susu formula atau apa pun dalam makanan ibu menyusui;
  • Saluran saraf pencernaan belum mencapai kematangan;
  • Memberikan makanan padat sebelum usia 3 bulan.
  • Bayi yang mengalami sakit perut.

Jika tidak ada yang bisa menenangkan bayi, Anda harus melepaskan gagasan bahwa Anda akan punya waktu beberapa minggu, sampai masalahnya hilang dengan sendirinya. Sementara itu, kurangi stres lain dan usahakan istirahat saat bayi tidur.

Cara Mengobati Bayi Kolik Secara Alami Dan Cepat

Jika menyusui, bayi harus memiliki cukup waktu untuk minum ASI yang mengalir dari satu payudara. Memindahkan bayi ke payudara lain terlalu cepat dapat memberikan kesan bahwa ia kenyang, namun kenyataannya ia hanya diberi ASI "pertama kali", yang tidak terlalu tinggi lemak. Dengan tidak adanya apa yang disebut "susu berikutnya", "susu pertama" bergerak cepat dari perut ke usus, di mana laktosa (gula susu) dapat berfermentasi dan menghasilkan gas. Jika ibu memiliki jumlah ASI yang banyak, dianjurkan untuk menyusui bayi hanya dari satu payudara.

Singkirkan makanan tidak nyaman yang bisa masuk ke ASI. Beberapa bayi yang menyusui mungkin tidak menyukai produk susu yang dikonsumsi ibunya, dan yang lainnya sensitif terhadap zat dalam telur, pisang, apel, jeruk, stroberi, tomat, coklat, kopi atau alkohol.

ASI bisa berakhir dengan efek makanan penyebab gas (kembang kol, brokoli, kacang-kacangan, kubis Brussel, paprika, bawang merah, bawang putih, rhubarb, mentimun). Jika Anda makan salah satu makanan ini dan bayi Anda menangis setelah makan pertama atau kedua, maka hindari makanan yang mencurigakan tersebut. Tambahkan bumbu dan rempah aromatik yang menenangkan ke dalam makanan Anda: jahe, jintan, dill, timi, adas, dan kayu manis.

Jika anak Anda diberi susu formula tertentu, jangan mengubahnya kecuali Anda mendapat rekomendasi dari dokter anak Anda.

Post a Comment for "Cara Mengobati Bayi Kolik Secara Alami Dan Cepat"

Berlangganan via Email