Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Natural remedies untuk Anemia

Natural remedies untuk Anemia

Pada orang yang menderita anemia, sel darah merah kurang kaya hemoglobin. Hemoglobin adalah pigmen darah yang mengandung zat besi dan membawa oksigen dari paru-paru ke sel dan karbon dioksida dari sel-sel ke paru-paru. Anda mungkin berpikir bahwa orang yang anemia adalah pucat, tetapi anemia ringan tidak menyebabkan perubahan warna kulit.

Anemia adalah kelainan darah yang paling umum, paling sering disebabkan oleh besi tidak cukup. Ferropenic (kekurangan zat besi) anemia biasanya dipicu oleh kebutuhan peningkatan hemoglobin, terjadi karena pertumbuhan yang cepat selama masa pubertas atau kehilangan darah. Tanpa zat besi yang cukup, tubuh tidak dapat menghasilkan cukup hemoglobin. Wanita kehilangan zat besi selama menstruasi, sehingga mereka membutuhkan lebih banyak makanan kaya zat besi daripada laki-laki. Penyembuhan anemia kekurangan zat besi adalah mungkin dengan mengubah diet.

Gejala anemia

Setiap anemia akibat kurangnya signifikan dari hemoglobin dapat menyebabkan kelelahan, lesu dan sakit kepala. Jika itu sangat serius, kegiatan fisik akan menyebabkan pusing, kehilangan napas, nyeri dada (angina) dan jantung berdebar-debar. Anemia kekurangan zat besi dapat menyebabkan lidah dan sudut mulut sakit, kuku kering, tipis dan rapuh dan, dalam kasus-kasus serius, kulit pucat.

Bentuk jarang anemia

Secara umum, anemia disebabkan oleh diet besi yang rendah atau ketidakmampuan untuk menyerap zat besi selama proses pencernaan. Namun, ada penyebab lain dari anemia:

Anemia megaloblastik karena defisiensi vitamin B12 atau asam folat. Kadang-kadang terjadi selama kehamilan;

Anemia pernisiosa disebabkan oleh kurangnya faktor intrinsik, suatu zat yang diperlukan untuk penyerapan vitamin B12. Golongan darah A adalah yang paling berisiko;

Anemia aplastik disebabkan oleh produksi rendah atau tidak ada sel darah merah karena tidak aktif atau kerusakan sumsum tulang;

Anemia herediter memiliki penyebab yang berbeda. Thalassemia disebabkan oleh produksi yang rusak hemoglobin, terjadi pada populasi Mediterania, Timur Tengah atau Asia Tenggara. Penyakit sel sabit ditandai dengan kehadiran sel-sel darah merah berbentuk tidak normal dan terjadi pada orang-orang keturunan Afrika;

Anemia hemolitik disebabkan oleh degradasi dini sel darah merah, yang dapat dipicu oleh obat atau infeksi.
Bagaimana mencegah anemia

Risiko anemia kekurangan zat besi relatif kecil jika Anda menikmati kesehatan dan makanan yang bervariasi. Tetapi jika Anda kehilangan banyak darah - karena periode berat dan berkepanjangan menstruasi, wasir tidak diobati, atau perdarahan pencernaan, dll - Anda perlu diet kaya zat besi.

Jika Anda sedang hamil

Kehamilan dapat membawa kedua kekurangan zat besi dan anemia megaloblastik. Mencegah mereka dengan makan makanan yang kaya vitamin A, B6, C dan E, asam folat, asam pantotenat, flavonoid, besi, mangan, seng dan asam lemak esensial. Ambil suplemen yang direkomendasikan oleh dokter Anda.

Post a Comment for "Natural remedies untuk Anemia"

Berlangganan via Email