Bingung Menghitung Usia Kehamilan? Ini Cara Yang Benar Mengetahuinya

Plazaobat - Bumil, kamu Bingung menghitung usia kehamilan? Ada beberapa cara yang bisa bumil lakukan yang benar untuk mengetahuinya. Apalagi bagi ibu yang baru pertama kali hamil.

Masa kehamilan adalah momen yang paling berharga dan paling ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri. Memiliki buah hati merupakan salah satu tujuan dalam sebuah pernikahan.

Setelah menjalani kehamilan, biasanya banyak yang bertanya "Sudah berapa minggu hamilnya?". Terkadang banyak juga yang masih bingung menjawabnya. "lupa, belum tau usia kehamilan saya", "Belum tau, karena belum cek ke dokter". Itulah beberapa jawaban ibu hamil yang tidak mengetahui usia kehamilannya.

Jangan bingung untuk menghitung usia kehamilan kamu. Plazaobat akan memberikan panduan cara menghitung usia kehamilan yang benar dan tepat.

1. Menurut Waktu Haid Atau Rumus Naegele

Cara yang pertama untuk menghitung usia kehamilan yaitu dengan menggunakan rumus naegele. Atau bahasa sederhananya yaitu menghitung dari Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT). 
Metode ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki masa haid yang normal dan teratur. Siklus haid yang teratur pada umunya yaitu sekitar 28 hari. Berikut caranya:
  • Tentukan HPHT kamu
  • Kemudian tambahkan satu tahun
  • Selanjutnya, tambahkan lagi 7 hari
  • Terakhir, mundurkan tiga bulan
Apakah kamu masih bingung dengan metode cara diatas? Berikut adalah contoh penghitungannya.
  • Contoh HPHT tanggal 15 Januari 2020.
  • 15 Januari 2020 + 1 tahun = 15 Januari 2021
  • 15 Januari 2021 + 7 hari = 22 Januari 2021
  • 22 Januari 2021 - 3 bulan = 22 Oktober 2020
Rumus diatas itu sering disebut dengan rumus naegele yang cukup akurat. Dengan catatan, ibu mengetahui waktu HPHT yang tepat dan siklus haid yang teratur. Cara ini tidak akan akurat, bagi bunda yang tidak mengetahui HPHT-nya dan siklus haid yang tidak teratur.

2. Melalui Gerakan Janin

Metode yang kedua yaitu dengan mengetahui gerakan pada janin yang pertama kalinya. Akan tetapi metode ini tidak akurat 100 persen, tapi masih banyak orang yang mempraktekannya.

Apabila ibu mengandung untuk yang pertama kalinya, pada umumnya janin akan mulai bergerak pada umur kehamilan 18 sampai 20 minggu. Bagi bunda yang menjalani masa kehamilan kedua atau yang seterusnya, pada umumnya janin akan mulai bergerak pada usia kehamilan 16-18 minggu.

3. Menggunakan USG

Cara untuk mengetahui usia kehamilan yang benar dan tepat bisa yaitu dengan cara USG. Dengan metode USG, ini sangat dianjurkan apabila ibu tidak mengetahui HPHT dan mempunyai siklus haid yang tidak teratur.
Dengan kecanggihhan teknologi di dunia kedokteran, USG pun bisa kamu lakukan dengan USG 3D apabila ada. Sebaiknya gunakan cara ini, pada awal-awal masa kehamilan, agar hasilnya akurat.
Waktu terbaik untuk menggunakan metode USG yaitu usia kehamilan sekitar 8-20 minggu. Biasanya hasilnya akan akurat, walaupun meleset, tapi tidak terlalu jauh yaitu lebih atau kurang 4 hari.

4. Melalui Aplikasi Penghitung Usia Kehamilan

Zaman sudah semakin canggih, maka untuk mengetahui usia kehamilan, kamu bisa mendownload aplikasinya secara online. Aplikasi ini bisa kamu cari dan download di playstore ataupun appstore.
Kamu hanya perlu memasukan data-data yang diperlukan, contohnya hari terakhir kamu haid.

5. Menggunakan Kalkulator Usia Kehamilan Online

Plazaobat menyediakan kalkulator online untuk menghitung usia kehamilan ibu. Akan tetapi cara ini tidak dijamin 100 persen akurat, apalagi kalau ibu tidak mengetahui HPHT ibu. Silahkan gunakan kalkulatornya dibawah ini.




Hari Pertama Haid Terakhir



(HPHT)
Tanggal (DD)



Bulan (MM)



Tahun (YYYY)
Lama Siklus Haid Rata-rata



Boleh tidak diisi
(22 - 45 hari)



*Umumnya 28 hari
Perkiraan Pembuahan
Perkiraan Usia Janin
Perkiraan Siap Dilahirkan
Perkiraan Tanggal Kelahiran
Trimester Pertama
Trimester Kedua
Trimester Ketiga

Comments