Cara Memakai Maker Yang Benar Saat Flu

Plaza Obat - Sempat mendengar jika 2 sisi masker sering disebut memiliki manfaat yang berbeda? Perihal ini pernah viral. Kemudian bagaimana cara memakai masker yang benar saat flu atau normal seperti biasanya?

Sebagian waktu kemudian timbul suatu video yang mengatakan 2 sisi berbeda dari masker mempunyai guna yang berbeda. Bagian masker bercorak putih dapat diletakkan di bagian dalam kala lagi hadapi flu. Sebab gunanya buat menyaring mikro- organisme supaya tidak menyebar keluar serta menjangkiti orang lain.

Dikala seorang lagi sakit, semacam flu, pilek, ataupun batuk, biasanya mereka hendak memakai masker. Perihal tersebut bertujuan buat menghindari terbentuknya penyebaran penyakit dari pengidap ke orang sehat di sekitarnya.

Masker yang biasa digunakan banyak orang buat menghindari penyebaran penyakit mempunyai 2 sisi berbeda, ialah sisi bercorak biru ataupun hijau serta sisi bercorak putih. Tetapi telah mengerti kah Kamu gimana cara gunakan masker yang benar?

Cara memilah masker kedokteran yang tepat

Terdapat sebagian perihal yang butuh dicermati dalam memilah masker kedokteran yang pas, ialah:
  1. Memilih tipe masker ataupun masker bedah yang berperan melindungi dari mikroorganisme, cairan badan, serta partikel berdimensi besar di hawa.
  2. Menutup zona hidung serta mulut.
  3. Dibuat dari material lembut serta aman digunakan.
  4. Biasanya dikemas dalam suatu kotak yang berisi masker sekali gunakan.

Kapan Waktu Yang Tepat Harus Memakai Masker?

Masker hidung merupakan barang yang digunakan buat menghindari penyebaran penyakit. Masker ini dilengkapi dengan tali ataupun karet, berupa longgar, dan melindungi zona hidung serta mulut.

Sesungguhnya, pemakaian masker hidung cuma dianjurkan dikala Kamu lagi flu, batuk, ataupun terkena tipe penyakit yang lain. Masker ini sanggup menghindari Kamu menyebarkan tetesan air liur ataupun ingus ke hawa yang bisa jadi saja memiliki bakteri.

Masker hidung pula bisa melindungi dari percikan cairan badan orang lain kala batuk serta bersin sehingga Kamu tidak ikut tertular penyakit.

Tidak hanya itu, masker pula wajib digunakan pada:
  1. Orang- orang yang lagi sakit peradangan respirasi. Misalnya, flu, pneumonia, bronkitis, tuberkulosis( TBC), serta lain- lain.
  2. Orang yang menjaga penderita dengan peradangan respirasi.
  3. Orang yang mendatangi rumah sakit ataupun klinik, tercantum dokter, perawat, serta pakar kedokteran yang bekerja di situ.
  4. Pekerja yang menangani makanan.
  5. Petugas transportasi universal.
Tidak hanya masker hidung, tipe masker ini biasa diketahui dengan masker pembedahan, masker prosedur, ataupun masker kedokteran.

Cara Memakai Masker Yang Benar Saat Flu

  1. Pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum memasang masker.
  2. Cari sisi luar masker. Jika masker kamu memiliki dua warna berbeda (umumnya hijau dan putih), sisi luar masker adalah yang berwarna hijau. Maka sisi putihlah yang menempel langsung dengan kulit, sementara lapisan hijau menghadap ke luar.
  3. Tentukan sisi atas masker, biasanya ditandai dengan adanya garis kawat hidung.
  4. Untuk masker dengan menggunakan tali: posisikan kawat hidung di atas hidung dengan jari, lalu ikat kedua sisi tali di bagian atas pada kepala bagian atas. Setelah masker sudah bisa menggantung, tarik masker ke bawah untuk bisa menutup mulut hingga dagu. Ikat tali bagian bawahnya di tengkuk atau belakang leher.
  5. Untuk masker karet: kamu hanya perlu mengaitkan tali karet di belakang telinga. Setelah masker menempel aman di wajah, cubit bagian kawatnya untuk mengikuti lekuk hidung Anda agar masker lebih tertutup rapat. Dan panjangkan lekukan-lekukan masker ke bawa untuk menutupi semua bagian yang perlu ditutup yaitu hidung, mulut serta dagu.

Cara Menggunakan Masker Ijo

  1. Yakinkan dimensi masker hidung sesuai dengan wajah Kamu, tidak kebesaran maupun kekecilan.
  2. Cuci tangan dengan sabun serta air mengalir ataupun hand sanitizer terlebih dulu saat sebelum memakai masker.
  3. Berikutnya, cara pakai masker yang pas merupakan memakai masker dengan sisi luar masker bercorak hijau ataupun biru, sebaliknya bagian dalam masker yang melekat langsung dengan zona mulut serta hidung bercorak putih. Setelah itu, yakinkan sisi atas masker yang diisyarati dengan terdapatnya garis kawat hidung.
  4. Buat tipe masker karet, Kamu cuma butuh mengaitkan tali karet di balik kedua kuping.
  5. Sebaliknya, untuk yang memakai masker tali, posisikan garis kawat di atas hidung, kemudian ikat kedua sisi tali pada bagian atas kepala. Bila masker telah menggantung, tarik masker ke dasar buat dapat menutup mulut sampai dagu. Berikutnya, ikat tali bagian bawahnya di tengkuk ataupun balik leher Kamu.
  6. Sehabis masker telah terpasang nyaman di wajah, cubit ataupun cocokkan bagian kawatnya buat menjajaki lekuk hidung Kamu supaya masker lebih tertutup rapat.
  7. Apabila masker telah terpasang dengan benar, jauhi memegang masker. Bila mau memegang masker, yakinkan buat cuci tangan terlebih dulu.

Bagimana cara melepas masker hidung yang benar?

Bila masker telah kotor, rusak, serta wajib dibuang, jalani cara melepas masker yang pas berikut ini:
  1. Saat sebelum melepas masker, mencuci tangan Kamu terlebih dulu memakai sabun serta air mengalir ataupun hand sanitizer.
  2. Kala melepas masker, jauhi memegang bagian depan masker. Kenapa? Alasannya bagian tersebut penuh dengan bakteri yang melekat dari luar. Jadi, hendaknya cuma sentuh bagian tali ataupun karet pengaitnya.
  3. Buat melepas masker karet, pegang kedua karet yang melekat di kedua kuping. Lepaskan masker dari kuping.
  4. Sedangkan, buat melepas masker tali, buka tali bagian dasar, kemudian lepaskan tali bagian atas.
  5. Buang masker ke tempat sampah. Kemudian, kembali mencuci tangan ataupun pakai hand sanitizer guna membersihkannya dari bakteri yang melekat. 

No comments for "Cara Memakai Maker Yang Benar Saat Flu"

Berlangganan via Email