Widget HTML #1

17 Manfaat Oatmeal Untuk Kesehatan Tubuh, Kecantikan Kulit Wajah, Dan Diet

Manfaat Oatmeal – Info kuliner sehat kali ini akan mengulas wacana manfaat luar biasa oatmeal untuk kesehatan tubuh, kecantikan kulit wajah, dan diet. Makanan berbahan dasar gandum ini mempunyai kandungan serat tinggi yang sanggup membantu menurunkan berat badan, menjaga kadar kolesterol dan gula darah tetap normal.

Selain serat, oatmeal juga menyediakan magnesium, protein, fosfor dan vitamin B1 (thiamin), yang berperan penting dalam memproduksi energi. Secara garis besar, kandungan nutrisi / zat gizi dalam 100 gr oatmeal sanggup dijelaskan sebagai berikut.

17 Manfaat Oatmeal Untuk Kesehatan Tubuh, Kecantikan Kulit Wajah, Dan Diet

Oatmeal bisa menyediakan 38 kalori, yaitu sekitar 20% dari kebutuhan sehari-hari. Kandungan seratnya sekitar 10 gr dalam 100 gr, dan juga protein 13 gr; keduanya sudah memenuhi sekitar 25% dari kebutuhan sehari-hari.

Oleh alasannya berasal dari gandum, maka outmeal pun mengandung sejumlah kelompok vitamin B (B Kompleks), terutama thiamin 0,5 mg; Riboflavin 0,2; Niacin 1,1 mg; Vitamin B6 0,1 mg; Folat 32,0 mcg; asam dan pantotenat 1.1 mg. Sedangkan untuk kandungan mineral, antara lain zat besi, Magnesium, Fosfor, Kalium, Seng, Tembaga, Mangan dan Selenium.

Melihat kandungan zat gizi dalam oatmeal tersebut, tentu sudah tidak perlu diragukan lagi akan kegunaannya. Kira-kira apa saja ya manfaat atau khasiat dari oatmeal yang bisa kita dapatkan sehabis mengkonsumsinya? Yuk, simak ulasan Nuansa Pagi secara lengkap di bawah ini.

Manfaat Oatmeal Untuk Kesehatan Tubuh, Kecantikan Kulit Wajah, Dan Diet

1. Menurunkan Berat Badan

17 Manfaat Oatmeal Untuk Kesehatan Tubuh, Kecantikan Kulit Wajah, Dan Diet

Oatmeal merupakan kuliner penurun berat tubuh ideal alasannya mengandung serat rendah kalori. Kandungan seratnya cukup tinggi sehingga bila dikonsumsi sebagai sajian sarapan pagi akan menciptakan Anda merasa kenyang lebih lama.

Dengan demikan, Anda tidak memerlukan kuliner ringan mediator ketika selang waktu sarapan dan makan siang. Satu porsi oatmeal mengandung sekitar 307 kalori serta mineral esensial menyerupai magnesium, mangan, fosfor, selenium, zinc, dan antioksidan flavonoid yang baik untuk kesehatan tubuh.

Nah, diet cara menurunkan berat tubuh secara alami dengan oatmeal sanggup Anda terapkan melalui mengkonsumsi kuliner ini ketika pagi hari ditambah beberapa serpihan buah. Perut akan terasa kenyang sepanjang hari dan tentu saja akan menciptakan Anda tak terpengaruhi kuliner lain.

2. Menurunkan Kolesterol

17 Manfaat Oatmeal Untuk Kesehatan Tubuh, Kecantikan Kulit Wajah, Dan Diet


Bukan hanya berat tubuh saja yang turun, oatmeal juga bermanfaat sebagai kuliner penurun kolesterol tubuh. Kandungan serat larutnya sanggup menghambat perembesan kolesterol LDL (kolesterol jahat). Kolesterol jahat ini diketahui akan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Mengkonsumsi oatmeal setiap pagi dengan batas normal termasuk cara menurunkan kolesterol secara alami dengan cepat.

3. Tinggi Antioksidan

Oatmeal kaya akan antioksidan berjulukan avenanthramide yang berfungsi untuk melawan radikal bebas penyerang HDL (kolesterol baik). Senyawa antioksidan ini juga bisa melindungi kolesterol jahat (LDL) dari proses oksidasi sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

4. Mengurangi Risiko Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

17 Manfaat Oatmeal Untuk Kesehatan Tubuh, Kecantikan Kulit Wajah, Dan Diet


Sebuah studi mengatakan bahwa laki-laki bisa mengurangi risiko gagal jantung kalau mereka makan satu mangkuk sereal gandum atau oatmeal per hari. Sedangkan rekomendasi lainnya menyebutkan, perempuan menopause yang cenderung berisiko mengalami hipertensi maka setidaknya harus mengkonsumsi enam porsi oatmeal atau biji-bijian lain setiap minggunya semoga terhindar dari risiko tersebut.

Nah, dari klarifikasi itu sanggup diambil kesimpulan bahwa oatmeal yang kaya serat ternyata berguna juga sebagai kuliner penurun tekanan darah tinggi (hipertensi). Tentu saja semua itu harus diimbangi dengan olah raga secara rutin semoga tubuh tetap sehat bugar.

5. Mencegah Obesitas

Bagi wanita, mempunyai tubuh gendut biasanya akan menjadi sebuah duduk kasus alasannya akan mengganggu penampilan. Nah, buat Anda yang sedang melaksanakan diet sehat untuk mencegah obesitas, nampaknya bisa sarapan menggunakan oatmeal tiap pagi.

Serat dalam oatmeal akan meningkatkan viskositas isi perut sehingga akan terasa kenyang lebih lama. Oleh alasannya perut terasa masih penuh, Anda secara otomatis tidak akan terpengaruhi untuk memakan camilan. Sebuah penelitian lain juga mengatakan bahwa belum dewasa yang rutin mengkonsumsi oatmeal mempunyai risiko obesitas rendah.

6. Mencegah Pengerasan Arteri

Kandungan Avenanthramides dalam oatmeal tidak hanya melindungi terhadap penyakit jantung, namun senyawa antioksidan ini juga bisa mencegah arteri dari pengerasan. Avenanthramides akan bekerja menekan produksi molekul sehingga memungkinkan untuk mencegah pengerasan dinding arteri.

Suatu penelitian mengatakan bahwa perempuan menopause yang makan enam porsi serealia utuh seminggu sanggup mengurangi risiko berkembangnya aterosklerosis. Ini merupakan salah satu manfaat oatmeal bagi kesehatan pembuluh darah.

Ateroskleorosis ialah kondisi di mana terjadi penumpukan plak di sepanjang lorong-lorong pembuluh darah dan memperlambat perkembangan stenosis sehingga mengakibatkan lorong-lorong dari arteri menyempit. Manfaat oatmeal bagi kesehatan kardiovaskular akan terasa lebih besar bila dipasangkan dengan vitamin C.

7. Mencegah Perkembangan Kanker Payudara

Manfaat oatmeal bagi kesehatan tubuh selanjutnya ialah mencegah perkembangan kanker payudara. Sebuah penelitian telah mengatakan bahwa perempuan yang mengkonsumsi dalam jumlah tinggi serat mempunyai penurunan risiko terkena kanker payudara, terutama kalau berasal dari serat gandum.

Serat tidak larut dalam oatmeal akan menyerang karsinogen dan menurunkan kadar estrogen dalam tubuh, sehingga melindungi tubuh dari perkembangan kanker. Sebuah studi di Inggris juga menemukan bahwa perempuan pra-menopause mengalami penurunan risiko kanker payudara sebesar 41 persen hanya dengan makan serat dari biji-bijian atau serealia utuh.

8. Mencegah Pengembangan Diabetes

Bukan hanya kaya akan serat, oatmeal ternyata mempunyai kandungan magnesium cukup tinggi. Mineral ini diketahui bisa mengatur insulin dan kadar glukosa. Dengan demikian, tidak perlu diragukan lagi wacana manfaat oatmeal dalam mencegah diabetes.

Hal tersebut diperkuat oleh beberapa temuan yang menunjukkan selama delapan tahun, perempuan yang makan diet kaya sereal sanggup mengurangi risiko diabetes hingga 31 persen. Nah, semoga Anda mendapat manfaat optimal oatmeal untuk diabetes, Anda bisa menambahkan susu ke dalam oatmeal. Tambahan dari susu rendah lemak akan ikut menurunkan risiko diabetes.

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Oatmeal mengandung beberapa jenis serat yang disebut beta-gluten serat. Serat jenis ini sanggup melindungi tubuh dari risiko penyakit jantung dan menaikan sistem imunitas. Serat akan bekerja membantu sel-sel kekebalan tubuh dalam mencari dan memperbaiki tempat yang terjangkit infeksi bakteri. Jadi, terperinci ya, bahwa oatmeal berguna meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

10. Bisa Dikonsumsi Untuk Pasien Celiac

Celiac merupakan sindrom malabsoprsi di mana usus tidak bisa menyerap nutrisi makanan.Para penderita penyakit celiac umumnya tidak sanggup mengonsumsi gluten (suatu senyawa protein yang terdapat pada gandum ). Namun, sebuah riset mengatakan bahwa mereka tetap bisa makan oatmeal meskipun mengandung gluten dalam jumlah sedikit.

11. Melancarkan Proses Pencernaan Makanan

Salah satu manfaat sarapan oatmeal setiap pagi hari ialah sanggup melancarkan proses pencernaan kuliner dalam tubuh. Hal ini tak lain alasannya oatmeal mengandung serat larut yang akan memudahkan organ dalam mencerna kuliner sehingga tidak terbentuk gas dalam lambung. Gas tersebut sanggup menciptakan perut menjadi kembung.

Serat juga bermanfaat memperlancar proses metabolisme dan sanggup mengatasi duduk kasus pencernaan seperti  irritable bowel syndrome, penyakit radang usus, hingga sembelit (konstipasi / susah buang air besar). Anda bisa mengkombinasikan oatmeal dengan beberapa potong buah-buahan untuk makan pagi semoga tambah sehat.

12. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung

Tidak sanggup dipungkiri, serat dalam oatmeal memang mempunyai tugas penting dalam menjaga kesehatan tubuh, diantaranya ialah membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Mengapa bisa? Serat akan membantu tubuh mengolah kolesterol jahat (LDL) hingga membuangnya melalui jalan masuk ekskresi.

Seseorang yang mengkonsumsi oatmeal selama beberapa ahad akan mengalami penurunan LDL dan kolesterol total. Dengan begitu, pembuluh darah menjadi higienis dari plak penyumbat penyebab gumpalan darah. Hal ini secara tidak pribadi akan menurunkan risiko tekanan darah tinggi serta serangan jantung. Antioksidan dalam oatmeal juga ikut membantu menyehatkan jantung.

13. Mengurangi Stres

17 Manfaat Oatmeal Untuk Kesehatan Tubuh, Kecantikan Kulit Wajah, Dan Diet

Oatmeal ternyata bisa mengurangi stres lho. Kandungan karbohidrat kompleksnya sanggup memicu hormon serotonin pada otak, sehingga Anda akan merasa lebih rileks dan tenang. Nah, semoga acara kerja atau berguru Anda lebih nyaman serta jauh dari depresi, konsumsilah oatmeal ketika pagi hari.

Selain bisa mengurangi stress, Anda juga bisa mendapat manfaat sarapan pagi bagi kesehatan lainnya bila menggunakan oatmeal menyerupai membantu pikiran tetap fokus, energi bertambah, hingga menyehatkan jalan masuk pencernaan.

Untuk memperoleh variasi rasa, Anda bisa menambahkan buah-buahan atau susu rendah lemak dengan oatmeal. Yang perlu diperhatikan ialah ketika Anda mengkonsumsi oatmeal instan dari toko / swalayan. Lihatlah baik-baik komposisinya, bisa jadi terdapat kandungan zat aditif berbahaya bagi tubuh.

14. Mencegah Munculnya Jerawat

17 Manfaat Oatmeal Untuk Kesehatan Tubuh, Kecantikan Kulit Wajah, Dan Diet


Buat Anda yang mempunyai wajah berjerawat, bisa mencoba menggunakan masker dari oatmeal. Mengapa? Hal ini dikarenakan oatmeal mengandung zat anti kuman yang ampuh.

Info kuliner sehat kali ini akan mengulas wacana manfaat luar biasa oatmeal untuk keseha 17 Manfaat Oatmeal Untuk Kesehatan Tubuh, Kecantikan Kulit Wajah, Dan Diet 

Manfaat Oatmeal (Foto : Marco Verch) Oatmeal bisa menyediakan 38 kalori, yaitu sekitar 20% dari kebutuhan sehari-hari. Kandungan seratnya sekitar 10 gr dalam 100 gr, dan juga protein 13 gr; keduanya sudah memenuhi sekitar 25% dari kebutuhan sehari-hari.

Oleh alasannya berasal dari gandum, maka outmeal pun mengandung sejumlah kelompok vitamin B (B Kompleks), terutama thiamin 0,5 mg; Riboflavin 0,2; Niacin 1,1 mg; Vitamin B6 0,1 mg; Folat 32,0 mcg; asam dan pantotenat 1.1 mg. Sedangkan untuk kandungan mineral, antara lain zat besi, Magnesium, Fosfor, Kalium, Seng, Tembaga, Mangan dan Selenium.

Melihat kandungan zat gizi dalam oatmeal tersebut, tentu sudah tidak perlu diragukan lagi akan kegunaannya. Kira-kira apa saja ya manfaat atau khasiat dari oatmeal yang bisa kita dapatkan sehabis mengkonsumsinya? Yuk, simak ulasan Nuansa Pagi secara lengkap di bawah ini.

15. Pembersih Wajah Dan Melembabkan Kulit

17 Manfaat Oatmeal Untuk Kesehatan Tubuh, Kecantikan Kulit Wajah, Dan Diet

Ada banyak cara merawat wajah semoga selalu tampak bercahaya dan manis mempesona, mulai dari pemakaian masker, make up, hingga pergi ke salon. Nah, bila Anda ingin melaksanakan perawatan wajah secara alami di rumah, oatmeal bisa menjadi salah satu materi alternatifnya.

Oatmeal mengandung saponin, suatu senyawa kimia yang sering ditemukan pada tumbuhan. Zat ini bisa memproduksi busa ketika larut dalam air dan berfungsi menyerupai sabun untuk mengikat molekul minyak. Oatmeal lebih lembut dari pada sabun mandi, bekerja sangat baik membersihkan wajah tanpa mengakibatkan kulit kering atau terkelupas.

Lalu, bagaimanakah cara penggunaannya? Pertama, tuangkanlah 1 sendok teh oatmeal pada mangkok yang berisikan air hangat. Lalu aduk hingga merata dan terapkan pada wajah Anda. Pijatlah wajah Anda dengan lembut, layaknya menyerupai face scrub. Setelah selesai, bilas dengan air hingga bersih.

Oatmeal juga bisa dipakai sebagai krim pelembap kulit sehari-hari. Cara membuatnya cukup gampang dan praktis, Anda hanya perlu menyiapkan 1/2 cangkir oatmeal, 1/4 cangkir yoghurt polos, dan 2 sendok makan madu organik mentah.

Campurkan semua materi tersebut hingga merata, kemudian simpan dalam wadah kecil khusus krim. Khasiat dari krim pelembap oatmeal ini diantaranya sanggup melindungi epidermis ketika proses penyembuhan kulit kering, atau kulit yang sedang meradang. Agar hasil maksimal, Anda perlu juga menambahkan beberapa kuliner sehat untuk kulit dalam sajian makan sehari-hari.

16. Mengangkat Kulit Mati Dan Meringankan Gatal Pada Kulit

Setiap orang tentu ingin kulitnya selalu terlihat infinit muda, bukan? Kabar baiknya, ternyata oatmeal sanggup dimanfaatkan untuk scrub penghilang sel kulit mati lho. Teksturnya yang ringan dan lembut, menimbulkan oatmeal sebagai pilihan terbaik untuk scrub wajah.

Anda bisa menciptakan scrub dengan mencampurkan bahan-bahan : 2 sendok makan oatmeal, 1 sendok makan madu organik mentah, dan 1 sendok makan air hangat. Campurkan semua materi tersebut secara merata, kemudian terapkan scrub pada wajah Anda selama 5 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Kandungan avenanthramides dalam oatmeal bisa berguna untuk menghilangkan rasa gatal menyerupai bekas luka, sunburns, dan ruam. Avenanthramides ialah sekelompok alkaloid fenolik yang sanggup mengurangi hipersensitivitas dan pembengkakan kulit.

Untuk menghilangkan gatal-gatal, Anda bisa mencoba menuangkan satu hingga dua cangkir oatmeal pada kolam mandi Anda. Berendamlah selama beberapa menit. Setelah selesai, kulit Anda akan terasa lebih lembut, dan tenang.

17. Sebagai Sumber Energi

Oatmeal mengandung karbohidrat dan protein yang bisa mensuplai energi untuk tubuh Anda. Jika Anda mengonsumsi kuliner rendah indeks glikemik menyerupai oatmeal sekitar 3 jam sebelum lari atau olahraga, maka stamina tubuh akan lebih maksimal. Hal ini tentu saja alasannya materi kuliner yang rendah indeks glikemiknya akan bisa meningkatkan pembakaran lemak ketika olahraga.

Bagaimana teman Nuansa Pagi? Mengagumkan dan luar biasa bukan, khasiat oatmeal untuk kesehatan tubuh Anda? Tunggu apalagi, ayo buruan mangkonsumsi oatmeal secara rutin. Sekian gosip kuliner sehat kali ini, terima kasih atas kunjungan Anda dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "17 Manfaat Oatmeal Untuk Kesehatan Tubuh, Kecantikan Kulit Wajah, Dan Diet"