Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

21 Manfaat Mengagumkan Buah Alpukat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Kulit Wajah

Manfaat Buah Alpukat - Siapa seh yang tak kenal dengan alpukat? Buah asal Mediterania ini ternyata bukan hanya enak, tetapi juga punya sejumlah manfaat mengagumkan untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah hingga rambut. Kandungan gizi alpukat sangatlah baik, buah ini kaya akan serat, protein, vitamin A, B, dan E yang dibutuhkan oleh tubuh. Lemak dan kalorinya pun tinggi.

Dilihat dari bentuk dan teksturnya, pengertian alpukat disini yakni buah ibarat dengan pir, berbentuk bundar tapi berwarna coklat kehijauan. Biasanya, buah ini dikonsumsi secara pribadi atau dipakai sebagai adonan dalam minuman ibarat jus, es buah, es teler, dan es doger. Nah, kira-kira khasiat apa saja ya, yang bisa diperoleh dari buah ini? Yuk, simak ulasan dari Nuansa Pagi berikut, dilansir dari banyak sekali sumber.

21 Manfaat Mengagumkan Buah Alpukat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Kulit Wajah

Daftar Manfaat Mengagumkan Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan Kulit Wajah

1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Manfaat pertama yang bisa diperoleh dari buah alpukat yakni sebagai materi masakan untuk diet sehat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat. Kolesterol jenis ini dikenal dengan sebutan LDL (low-density lipoprotein). Mengapa jahat? Hal ini karena LDL mempunyai efek jelek untuk kesehatan, terutama sebagai penyebab penyakit pembuluh darah arteri.

Sebuah hasil penelitian memperlihatkan bahwa alpukat paling bermanfaat dalam hal menurunkan kadar kolesterol. Jika Anda rutin mengonsumsi buah ini maka bisa menurunkan kadar kolesterol jahat, trigliserida, dan total kolesterol. Bahkan kadar kolesterol baik menjadi meningkat.

2. Menyehatkan Jantung

2. Menyehatkan Jantung

Alpukat kaya akan vitamin B6 dan asam Follic yang dianggap perlu untuk menghindari penyakit jantung. Oleh karena itu, alpukat bermanfaat bagi para penderita resiko penyakit jantung. Beta-sitosterol dalam alpukat akan membantu menjaga kadar kolesterol sehat.

Sebuah studi penelitian memperlihatkan bahwa asupan alpukat sanggup meningkatkan sifat antiatherogenic kolesterol HDL. Kolesterol ini membantu dalam melindungi jantung Anda dari aterosklerosis yang juga dikenal sebagai penyakit pembuluh darah arteriosklerosis.

Kandungan kalium dalam buah alpukat juga diyakini sanggup memerangi hipertensi. Kalium yakni vasodilator yang bisa mengendurkan ketegangan pembuluh darah dan arteri, sehingga mengurangi kemungkinan pembekuan, serangan jantung, dan stroke.

3. Diet Menurunkan Berat Badan

3. Diet Menurunkan Berat Badan
Bingung mencari cara menurunkan berat tubuh secara alami dengan cepat? Cobain saja acara diet menggunakan buah alpukat. Selain rasanya yang nikmat, buah ini mempunyai manfaat untuk membantu mengurangi bobot tubuh Anda dengan lebih cepat.

Alpukat mempunyai imbas mengenyangkan karena banyak mengandung serat dan sanggup memangkas kalori. Buah sehat ini kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang sanggup membantu mempercepat metabolisme tubuh serta aben kalori ekstra. Anda bisa mencoba menerapkan diet alpukat semoga bisa menurunkan 3 kg dalam tiga ahad secara sederhana :

  • Sarapan:  1 buah alpukat + 3 sdm plain yogurt
  • Makan siang: 3 buah alpukat + 1 sdm yogurt + 1 cangkir teh tawar
  • Makan malam: 1 buah alpukat + 1 sdm madu

4. Mengurangi Risiko Kanker

Pertumbuhan sel kanker diketahui sanggup dicegah oleh fitokimia dalam alpukat. Campuran antioksidan dan anti inflamasi yang ada dalam alpukat juga sanggup melawan kanker tertentu ibarat kanker mulut, kulit, dan prostat. Alpukat yang dikonsumsi selama kemoterapi juga bermanfaat untuk mengembalikan antioksidan ke dalam sistem tubuh.

5. Membantu Penyerapan Nutrisi

Buah alpukat mempunyai khasiat berupa kemampuan menyerap lemak terlarut ibarat vitamin A, K, D, dan E. Anda bisa menambahkan alpukat ke dalam salad semoga membantu perembesan vitamin pada sayuran yang terdapat pada masakan tersebut. Karotenoid yang terkandung dalam alpukat sanggup larut dalam lemak, sehingga mengoptimalkan perembesan nutrisi.

6. Mengurangi Gejala Radang Sendi

Alpukat mengandung zat gizi ibarat fitosterol, antioksidan karotenoid, asam lemak omega 3, dan polyhydroxolated fatty alcohols. Zat-zat ini konon bisa menciptakan buah ini menjadi distributor anti inflamasi. Ekstrak alami yang terbuat dari kedelai dan minyak alpukat dipercaya akan memperlambat perkembangan radang sendi.

7. Baik Untuk Kesehatan Mata

Alpukat dikenal sebagai sumber terbaik dari karotenoid dan phytonutrient. Buah super ini mempunyai bermacam-macam jenis karotenoid, tidak hanya ibarat beta-karoten, alfa-karoten dan lutein, tetapi juga varietas yang kurang dikenal dari jenis phytonutrient ibarat neoxanthin, zeaxanthin, chrysanthemaxanthin, neochrome, beta-cryptoxanthin dan violaxanthin.

Saat Anda mengkonsumsi masakan yang kaya karotenoid, maka tubuh Anda akan mendapatkan banyak asupan vitamin A untuk kesehatan mata. Satu ons alpukat diperkirakan mengandung 81 miligram lutein, zeaxanthin, dan fitonutrien yang baik untuk mata. Alpukat juga dipercaya bisa melindungi jaringan mata dari kerusakan akhir sinar matahari dan pembentukan katarak.

8. Program Kehamilan (Promil)

8. Program Kehamilan (Promil)


Salah satu manfaat buah alpukat ternyata bisa membantu untuk acara hamil (promil). Alpukat mengandung potassium yang sanggup membantu kesuburan. Kandungan karotenoid dalam buah ini juga akan meningkatkan kesehatan fungsi sistem reproduksi.

Buat Anda pasangan laki-laki dan perempuan yang ingin cepat hamil punya anak, bisa mencoba resep / ramuan adonan alpukat dan minyak zaitun. Kedua materi ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang berguna untuk meningkatkan kesuburan.

Omega-3 dalam alpukat juga bisa meningkatkan kualitas sel telur perempuan sehingga lebih optimal dan gampang dibuahi. Tapi ingat, resep ini harus seijin dokter ya, Anda harus berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan dogma Anda. Imbangi pula dengan menjauhkan diri dari hal-hal yang menciptakan stress pikiran.

9. Mencegah Cacat Lahir Dan Baik Untuk Kesehatan Pada Janin (Bayi Dalam Kandungan)

Berdasarkan info yang saya baca dari beberapa artikel, dikatakan bahwa buah alpukat kaya akan asam folat. Zat gizi yang berjulukan folat ini dipercaya berperan dalam melindungi ibu hamil dari keguguran dan menjauhkan janin (bayi dalam kandungan) dari kemungkinan lahir cacat. Tal ayal, alpukat pun menjadi salah satu buah sehat untuk ibu hamil yang direkomendasikan serta dianjurkan.

10. Menjaga Kesehatan Saluran Sistem Pencernaan Tubuh

Alpukat mengandung serat yang tidak mengecewakan tinggi, serat ini berfungsi untuk mencegah sambelit sehingga proses buang air besar Anda menjadi lancar. Kandungan vitamin C dalam alpukat akan mengaktivasi enzim-enzim pencernaan guna meningkatkan kinerja kanal pencernaan makanan.

Selain itu, lemak yang terdapat dalam alpukat akan membantu kerja empedu, pankreas, hati, serta mengubah beta karoten menjadi vitamin A sehingga lapisan mukosa organ pencernaan semakin kuat. Untuk mendapatkan nilai zat gizi yang optimal dari alpukat, sebaiknya jangan mengkonsumsi buah alpukat yang sudah terlalu matang.

11. Kesehatan Otak

Asam lemak omega 3 yang terkandung dalam alpukat sanggup membantu kerja dan perkembangan sistem saraf.  Sementara itu, kandungan asam folatnya akan mencegah terjadinya gangguan otak, sehingga memperkecil risiko terjadinya penyakit Alzheimer.

Alpukat juga berguna untuk meningkatkan pedoman darah dan suplai oksigen di dalam otak. Potassium dalam alpukat sangat dibutuhkan guna membantu fungsi otak dan syaraf.

12. Mengurangi Rasa Sakit Pada Penderita Osteoarthtritis

Kombinasi kandungan zat gizi dalam alpukat ibarat Vitamin C dan E, karotenoid, selenium, seng, pitosterol serta omega-3, akan menawarkan manfaat berupa anti-inflamasi (anti-peradangan). Dengan demikian, alpukat sanggup berperan dalam mencegah dan mengurangi risiko penyakit osteoarthritis atau pun rematik.

13. Mencegah Osteoporosis

Kandungan Vitamin K dalam buah alpukat terbilang cukup banyak jumlahnya. Hal ini bisa dilihat dari sekitar 25 persen kebutuhan tubuh akan vitamin K bisa terpenuhi hanya dengan mengonsumsi setengah alpukat.

Vitamin K mempunyai fungsi penting dalam meningkatkan perembesan kalsium dan bisa mengurangi pengeluaran kalsium melalui urine. Dengan kalisium yang memadai, tentu tubuh Anda akan terhindar dari penyakit Osteoporosis.

14. Mengatur Gula Darah Dan Mencegah Diabetes

Lemak tak jenuh yang terkandung dalam alpukat diyakini sanggup membantu menghentikan resistensi insulin dan mengontrol kadar gula darah. Lemak baik atau Kolesterol HDL ini akan membantu melindungi terhadap kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Bahkan kolesterol tipe ini juga sanggup membantu mengatur kadar trigliserida serta mencegah diabetes.

15. Pengganti Butter Yang Lebih Sehat

Butter atau mentega biasanya cenderung berkalori dan berlemak tinggi. Apabila Anda ingin menciptakan camilan manis sehat, maka materi tersebut bisa digantikan oleh alpukat. Buah ini mempunyai tekstur yang creamy dan mengandung lemak sehat.

Rasa kuenya juga akan terasa yummy tapi juga sehat. Dalam penggunaannya, Anda tidak harus menghilangkan penggunaan butter sama sekali. Cukup kurangi jumlah hingga setengahnya, kemudian gantikan setengahnya tersebut dengan alpukat.

16. Untuk Merawat Kecantikan Kulit Dan Rambut

16. Untuk Merawat Kecantikan Kulit Dan Rambut

Salah satu manfaat mengagumkan yang bisa Anda peroleh dari buah alpukat yakni khasiatnya yang bagus untuk Alpukat untuk merawat kecantikan kulit dan rambut. Alpukat mengandung antioksidan, asam amino dan minyak esensial yang akan membantu memperbaiki kerusakan rambut, melembabkan kulit kering, merawat kulit yang terbakar matahari bahkan menyamarkan pori-pori.

Kandungan vitamin C dan E dalam buah ini diyakini sudah terbukti baik untuk kesehatan kulit wajah dan tubuh. Tak mengherankan, bila banyak produk kecantikan menggunakan buah ini sebagai materi bakunya.

Untuk pemanfaatan alpukat, Anda bisa mengkonsumsinya secara pribadi tanpa pelengkap materi lain, sebagai adonan dalam makanan, atau pun dibentuk masker wajah. Secara umum, khasiat buah alpukat untuk kecantikan kulit antara lain :

  • Melembabkan Kulit
  • Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Kulit
  • Mencegah Penuaan Dini
  • Mengatasi Keriput (Age Spot)
  • Menjaga Kekenyalan Kulit
  • Membersihkan Kulit Dari Berbagai Kotoran
  • Membuat Kulit Wajah Tampak Bersinar / Memutihkan Kulit

17. Mengobati Wajah Berjerawat

Memiliki wajah berjerawat tentu akan menciptakan rasa percaya diri Anda semakin berkurang. Vitamin A dalam buah alpukat, sanggup mencegah jerawat dan menghilangkan bekasnya. Sedangkan vitamin B6 dan vitamin C-nya akan memperbaiki sel kulit mati sekaligus berfungsi merangsang acara sel kulit Anda.

Kombinasi kedua materi tersebut akan bisa mengatasi jerawat dan bekasnya dengan cepat. Caranya, silahkan ambil setengah cuilan alpukat, kemudian tumbuk hingga halus. Tambahkan 1 sdm madu, campur hingga merata. Aplikasikan materi tersebut pada wajah yang telah dibersihkan sebelumnya. Diamkan selama 15 menit kemudian bilaslah dengan air hangat hingga bersih.

18. Mengatasi Anemia (Kekurangan Sel Darah Merah)

Anemia atau penyakit kurang darah merupakan suatu tanda-tanda penyakit yang disebabkan kurangnya zat besi di dalam tubuh. Zat besi sendiri berguna sebagai materi dasar dalam pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah untuk mengangkut oksigen.

Rendahnya kandungan besi (Fe) pada tubuh penderita anemia mengakibatkan hemoglobin pada sel darah merah yang diproduksinya pun sedikit. Oleh karena itu, orang tersebut harus mengkonsumsi masakan sehat kaya akan zat besi. Nah, salah satu buah untuk anemia yaitu alpukat yang kaya akan zat besi (Fe).

19. Menurunkan Tekanan Darah

19. Menurunkan Tekanan Darah

Potassium ternyata bukan hanya terkandung dalam pisang. Buah alpukat pun mempunyai kandungan potassium yang lebih tinggi. Dalam satu butir alpukat, terdapat 975 miligram potassium sedangkan pisang (ukuran sedang) hanya setengahnya, sekitar 487 miligram.

Potassium termasuk jenis elektrolit yang sangat penting untuk hidrasi tubuh. Salah satu jenis elektrolit ini mempunyai manfaat untuk menurunkan tekanan darah serta membantu kesuburan, fungsi otak dan syaraf.

20. Pengganti Protein Hewani

Alpukat dikenal sebagai buah super yang kaya akan protein. Bahkan bisa bilang sebagai buah dengan kandungan protein tertinggi, karena dalam satu butirnya terdapat 4 gr protein. Alpukat bisa menyediakan semua 18 asam amino esensial bagi tubuh untuk membentuk protein lengkap.

Sifat protein dalam alpukat termasuk jenis protein sehat karena tidak mengandung lemak trans dan lemak jenuh. Tak ibarat protein hewan, protein alpukat lebih gampang dicerna / diserap oleh tubuh karena buah ini banyak mengandung serat.

Dengan keunggulan tersebut, tentu alpukat sangat layak dijadikan sebagai materi masakan pengganti protein hewani. Bagi Anda para vegetarian atau orang yang sedang diet mengurangi protein hewani, bisa memasukkan buah ini ke dalam list masakan Anda sehari-hari.

21. Mengurangi Stres

Apakah Anda sedang stres dikala ini? Jika iya, coba deh makan alpukat, rasa stress akhir tekanan pekerjaan atau pun persoalan hidup lain kemungkinan besar bisa segera mereda. Pasalnya, buah alpukat kaya akan  asam folat dan menyehatkan tubuh.

Asam folat mempunyai kemampuan untuk mengurangi risiko terkena depresi dan bisa mencegah kelebihan homosistein di dalam tubuh. Penumpukan homosistein akan mengganggu sirkulasi nutrisi ke otak.

Jika tingkat homosistein berlebihan, maka produksi hormon serotonin, dopamin, dan norepineprin akan terganggu. Padahal, ketiga hormon tersebut penting bagi pengaturan suasana hati, contoh tidur, dan nafsu makan. Deangan mengkonsumsi alpukat, maka Anda akan menerima suplai asam folat yang sanggup mencegah kelebihan homosistein sehingga tubuh menjadi lebih tenang.

Efek Samping Dan Bahaya Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh

Efek Samping Dan Bahaya Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh

Selain mempunyai banyak manfaat / khasiat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan, buah alpukat ternyata ada imbas sampingnya. Kira-kira apa saja ya, imbas samping atau ancaman mengkonsumsi alpukat secara berlebihan? Berikut ulasannya :

a. Meningkatkan Berat Badan

Telah disebutkan di atas, bahwa alpukat termasuk buah yang kaya akan kalori dan lemak sehat. Meskipun demikian, konsumsi alpukat dalam jumlah yang banyak / berlebihan akan menambah berat tubuh Anda, bahkan menciptakan lebih gemuk.

Satu buah alpukat ukuran sedang saja rata-rata mempunyai berat 30 gram sehingga total kalori yang dikonsumsi yakni sekitar 322 kalori. Bayangkan berapa jumlah kalori yang akan bertambah dalam tubuh Anda kalau memakan alpukat berkali-kali. Itulah mengapa mengkonsumsi terlalu banyak alpukat sanggup meningkatkan berat tubuh Anda.

b. Menyebabkan Alergi Mulut Dan Kulit

Alergi ini mungkin jarang terjadi, tapi bukan berarti hal yang tidak mungkin. Bisa jadi, bila Anda terlalu berlebihan memakan dan menggunakan masker alpukat, maka usang kelamaan tubuh akan mengalami alergi ibarat mengakibatkan bersin, batuk, gatal, pembengkakan, dan hidung tersumbat.

Alergi alpukat biasanya terjadi pada ekspresi dan kulit. Gejala alergi berupa gatal-gatal, pembengkakan lidah, serta kemerahan di kulit atau eksim. Untuk mencegah terjadinya alergi tersebut, maka Anda harus mengkonsumsi alpukat secukupnya saja.

c. Menyebabkan Kerusakan Liver (Hati)

Beberapa jenis Alpukat mempunyai kandungan minyak yang sanggup merusak liver (hati). Misalnya saja alpukat Meksiko, terdiri dari estragole dan anethole. Kedua unsur ini terbukti bersifat karsinogenik sehingga mengakibatkan kerusakan pada hati. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menghindari alpukat jenis Meksiko ini dan tidak terlalu kebanyakan dalam mengkonsumsi alpukat jenis lainnya.

d. Menurunkan Kerja Obat

Menurut gosip yang saya terima, konsumsi alpukat secara berlebhan bisa menurunkan kerja obat anti peradangan. Bahkan akan memicu terjadinya pengenceran darah, sehingga luka Anda menjadi usang sembuh.

e. Mengurangi Jumlah / Kadar Kolesterol Baik

Sesuai dengan klarifikasi sebelumnya, bahwa manfaat alpukat diantaranya yakni untuk mengurangi kolesterol jahat. Alpukat mengandung beta-sitosterol yang berperan dalam perembesan kolesterol jahat. Nah, bila jumlah zat ini terlalu berlebihan (akibat terlalu banyak makan alpukat), maka bukan mustahil kolesterol baik pun akan ikut terserap sehingga tubuh akan kekurangan kolesterol baik.

f. Iritasi Pada Saluran Pencernaan Makanan

Seringkali, banyak orang tidak menyadari bahwa mengkonsumsi buah alpukat dalam jumlah terlalu banyak akan menimbulkan sakit perut bahkan iritasi kanal pencernaan yang ditandai dengan perut kembung, kram, buang gas terus menerus, hingga diare. Bila dibiarkan terus menerus, maka kanal pencernaan Anda bisa terkena infeksi.

g. Defisiensi Nutrisi

Bila Anda mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan setiap hari, bahwasanya tak akan bermasalah asalkan masih dalam porsi masuk akal atau seimbang. Lain halnya kalau mengkonsumsi secara berlebihan, akan ada dampak negatif yang mengintai Anda.

Bila Anda hanya mengkonsumsi alpukat saja setiap hari, tanpa diimbangi oleh hidangan masakan sehat lainnya maka kemungkinan tubuh Anda akan kekurangan zat gizi lain. Oleh karena itu, sebaiknya Anda merencanakan hidangan masakan seimbang dan bervariasi.

h. Menurunkan Produksi ASI Pada Ibu Hamil Dan Menyusui

Buah alpukat memang mempunyai manfaat untuk acara ibu hamil, namun kalau dikonsumsi secara berlebihan malah akan berdampak buruk. Terlalu banyak makan alpukat dikala masa menyusui dimungkinkan bisa menurunkan produksi ASI sehingga akan mengganggu kesehatan bayi Anda.

Demikianlah sekilas info kesehatan ihwal manfaat buah alpukat untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah hingga rambut. Untuk mendapatkan khasiat terbaik, sebaiknya Anda mengkonsumsi alpukat tanpa pelengkap gula. Terima kasih sudah membaca artikel saya, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "21 Manfaat Mengagumkan Buah Alpukat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Kulit Wajah"

Berlangganan via Email