Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

10+ Cara Ampuh Mengatasi Kuping Kemasukan Air Dengan Cepat

Air yang masuk ke kuping saat berenang atau mandi benar-benar mengiritasi. Ini sering terjadi dan sering dianggap sebagai masalah yang sepele. Air yang menyumbat telinga Anda akan mengering dengan sendirinya selama beberapa waktu. Namun, selama air masih terjebak di telinga pasti sangat tidak nyaman. Secara umum, suara yang Anda dengar tampak teredam, dan bahkan pada beberapa orang, telinga yang masuk ke dalam air dapat menyebabkan rasa sakit. Telinga yang meminum air juga rentan terkena infeksi.

Anda dapat mencegah air masuk ke kuping Anda dengan menggosok telinga Anda di bagian luar dengan handuk kering setelah berenang atau mandi. Jika air tetap masuk dan tidak mengering atau keluar dari telinga selama dua hingga tiga hari, sebaiknya temui dokter Anda. Antibiotik mungkin diresepkan untuk mengobati infeksi dan menghilangkan rasa sakit.

10+ Cara Ampuh Mengatasi Kuping Kemasukan Air Dengan Cepat

Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, banyak orang memilih berenang secara teratur. Cuma harus hati-hati, karena saat berenang sering muncul keluhan karena kuping bisa kemasukan air.

Kuping yang kemasukan air dalam waktu lama dan sering terjadi dapat meningkatkan risiko infeksi dan infeksi saluran telinga. Misalnya pada orang yang banyak berenang.

Peradangan yang dimaksud bisa muncul sebagai kemerahan dan bengkak di liang telinga luar (luar). Bagian ini merupakan saluran yang terletak di antara telinga luar dan gendang telinga. Dalam dunia kedokteran, gangguan inflamasi di daerah ini disebut otitis eksterna.

Gejala Infeksi Kuping Kemasukan Air

Awalnya, gejala telinga kemasukan air memang ringan. Namun, jika tidak segera diobati atau jika infeksinya menyebar, gejalanya akan semakin parah. 

Gejala Infeksi Ringan :

  • Telinganya merah.
  • Gatal di liang telinga.
  • Nyeri saat menarik daun telinga.
  • Kotoran bening tidak berbau.

Gejala Infeksi Sedang :

  • Kemerahan di telinga membengkak.
  • Rasa gatal semakin parah.
  • Rasa sakitnya meningkat.
  • Sakit telinga saat mengunyah.
  • Lebih banyak cairan keluar.
  • Sekresi nanah dari telinga.
  • Telinga terasa tertutup oleh cairan.
  • gangguan pendengaran.

Pada stadium yang parah, gejalanya meliputi:

  • Nyeri hebat menjalar ke wajah, leher, atau samping kepala, kemerahan dan bengkak di telinga luar.
  • Saluran telinga benar-benar tersumbat.
  • Demam.
  • Kelenjar getah bening di leher membengkak.

Jika ada ketidaknyamanan yang terjadi di telinga, segera hubungi ahli THT untuk pemeriksaan dan pengobatan yang tepat. Pertama kali, dokter kemungkinan besar akan membersihkan liang telinga. Dokter juga akan memberikan pengobatan untuk mengobati infeksi dan nyeri. Jika telinga Anda terasa gatal, dokter Anda mungkin juga meresepkan obat telinga. Selama perawatan, disarankan untuk tidak berenang atau menghindari minum air telinga setidaknya selama dua minggu.

Otitis eksterna yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan masalah, seperti otitis eksterna kronis jangka panjang atau berulang; Otitis eksterna ganas dan disebabkan oleh infeksi yang meluas dan kerusakan pada tulang rawan dan tengkorak. Mempersempit saluran telinga. Pembengkakan dan radang wajah.

Cara Ampuh Mengatasi Kuping Kemasukan Air Dengan Cepat

Berikut adalah beberapa cara ampuh untuk mengatasi kuping kemasukan air dengan cepat dan bisa kamu lakukan.

1. Gerakkan Daun Telinga Anda

Miringkan kepala ke sisi telinga tempat air masuk. Goyangkan kepala Anda dulu untuk mengeluarkan air. Jika ini tidak berhasil, goyangkan daun telinga yang telah dikuras dengan air, sambil terus memiringkan kepala agar bagian luar telinga mengarah ke bahu.

2. Hisap Air dengan Telapak Tangan

Untuk menghilangkan air, miringkan kepala Anda ke sisi telinga yang terkena. Kemudian gunakan telapak tangan untuk menutupi telinga yang masuk ke dalam air, seolah-olah kepala Anda bertumpu pada telapak tangan tersebut. Gosokkan telapak tangan di atas telinga dengan gerakan naik turun hingga permukaannya rata. Tekan dengan kuat di telinga Anda dan lepaskan dengan cepat hingga Anda merasakan sensasi isap di telinga Anda. Air yang terperangkap di telinga harus disedot keluar.

3. Gerakkan Rahang dan Mulut Anda

Tabung sempit yang menghubungkan rongga telinga ke bagian belakang lubang hidung bisa tersumbat dan meradang, sehingga menyulitkan air untuk melewatinya. Mengencangkan mulut dan rahang, seperti mengunyah dan menguap, terkadang dapat membantu membersihkan saluran yang tersumbat ini. Coba gerakkan rahang dan mulut Anda sampai telinga Anda kembali terasa nyaman.

4. Teteskan dengan Air

Siapkan air hangat (bukan air panas) dan letakkan di telinga yang masuk ke dalam air sambil memiringkan kepala agar telinga yang masuk ke dalam air menghadap ke atas. Biarkan selama tiga detik dan miringkan kepala Anda ke sisi lain. Tunggu beberapa saat dengan air di telinga menghadap ke bahu hingga airnya habis.

5. Gunakan Pengering Rambut

Setel pengering rambut Anda ke kecepatan dan suhu udara terendah. Beri jarak sekitar 30 cm dan keringkan dengan gerakan mendekat dan menjauhi telinga yang masuk ke dalam air. Anda dapat mencoba metode ini sambil menggoyangkan daun telinga. Udara panas yang masuk ke telinga membantu air menguap lebih cepat.

6. Kompres Hangat

Basahi kain lembut dengan air panas (jangan sampai mendidih) dan peras agar air tidak menetes dari kompresor. Miringkan kepala Anda ke sisi telinga yang terkena dan berikan tekanan di bagian luar telinga. Biarkan selama 30 detik lalu diamkan. Tunggu sebentar sebelum menekannya lagi. Ulangi empat sampai lima kali. Jika air tidak keluar dari telinga setelah mengompres hangat, Anda bisa mempercepat prosesnya dengan berbaring.

7. Teteskan Cuka dan Alkohol ke Telinga Anda

Untuk memecah kotoran telinga (kotoran telinga) yang bisa memerangkap air di telinga, Anda bisa membuat obat tetes telinga sendiri di rumah. Campurkan cuka dan alkohol dalam perbandingan 1: 1. Masukkan tiga hingga empat tetes air telinga. Kemudian pijat lembut bagian luar telinga Anda. Jika air sulit dikeluarkan dari telinga karena penyumbatan lilin, cuka akan membantu memecah benjolan yang membandel ini. Sedangkan alkohol dapat mempercepat penguapan air yang terperangkap di telinga.

  • Jangan gunakan metode ini jika:
  • Anda mengalami infeksi telinga luar
  • Anda memiliki gendang telinga yang berlubang
  • Tabung timpanostomi (tabung yang menempel pada gendang telinga)

8. Biarkan semalaman

Sebagian besar kasus air di telinga sembuh dengan sendirinya. Jadi ketika Anda pergi tidur di malam hari, miringkan tubuh Anda ke sisi telinga yang menyebabkan Anda kesulitan. Biasanya saat tidur air mengalir sendiri dan membasahi bantal di pagi hari.

Cara Mengeluarkan Air Dari Telinga

Agar masalah air yang masuk ke telinga tidak menjadi situasi yang mengkhawatirkan, sebaiknya segera coba untuk mengeluarkan air yang masuk ke telinga. Beberapa metode berikut dapat digunakan untuk menghilangkan air dari telinga.

9. Bersihkan telinga dengan selembar kain.

Saat air masuk ke telinga, cara mudah pertama untuk melakukannya adalah dengan menyeka telinga dengan kain. Membersihkan telinga luar dengan lembut dengan kain lembut atau handuk dapat menyerap sebagian air di telinga. Lakukan ini dengan membersihkan sambil memiringkan telinga yang memasukkan air ke arah kain. Pastikan untuk tidak mendorong kain ke bagian dalam telinga, karena ini akan mendorong air keluar.

10. Miringkan kepala Anda ke samping

Cara lain untuk mengeluarkan air dari telinga adalah dengan memiringkan kepala ke arah telinga tempat air berada. Jika perlu, lakukan ini sambil membuat lompatan kecil dengan satu kaki untuk mengeluarkan air. Tarik daun telinga sehingga saluran telinga terbuka lebih lebar dan memungkinkan air keluar.

11. Berbaring miring

Air akan mengalir ke tempat yang lebih rendah karena pengaruh gravitasi. Oleh karena itu, cobalah berbaring miring agar cairan mengalir dengan mudah setidaknya selama beberapa menit. Daun telinga biasanya hangat saat air keluar.

12. menguap

Cara lain yang mungkin untuk membantu mengeluarkan air dari telinga, terutama dari tabung eustachius, adalah dengan menguap. Gerakan ini bisa membantu meredakan ketegangan di telinga sehingga air bisa terkuras.

13. Kunyah sesuatu

Umumnya, air yang masuk ke telinga terperangkap di dalam tuba Eustachius. Bagian ini adalah bagian telinga dalam. Untuk membantu mengeluarkan air agar mudah terkuras, gerakan mengunyah bisa membantu. Jika perlu, kunyah sambil memiringkan kepala agar air lebih mudah keluar.

Jika prosedur ini masih belum bisa mengatasi telinga yang menelan air, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis THT terdekat. Anda juga harus segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami nyeri, dering, pendarahan dari telinga, dan gangguan pendengaran.

Post a Comment for "10+ Cara Ampuh Mengatasi Kuping Kemasukan Air Dengan Cepat"

Berlangganan via Email