Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ternyata Bersepeda Bisa Menyelamatkan Bumi, Lho!

Jika melihat kondisi bumi dewasa ini, kamu pasti akan merasa sedih. Bagaimana tidak, bumi tidak sesehat dahulu.

Bumi mengalami banyak kemunduran dalam upayanya mempersiapkan kehidupan bagi manusia. Udara, tanah, produksi makanan dan lain sebagainya mulai berkurang drastis secara kualitas dan kuantitas.

Ternyata Bersepeda Bisa Menyelamatkan Bumi, Lho!

Kondisi ini semakin parah ditambah pola hidup manusia yang tidak bijak dan menghormati alam. Polusi udara dimana-mana, air sungai tercemar, hutan menjadi gundul dan seterusnya. Semua hal tadi bertolak belakang dengan konsep alami atau natural.

Banyak cara sederhana sebenarnya yang bisa kita lakukan sebagai wujud peduli lingkunang. Memulai tidak buah sampah sembarangan, menggunakan produk organik atau berkendaraan ramah lingkungan.

Khusus untuk menggunakan kendaraan ramah lingkungan, kita bisa pilih kendaraan yang hits saat ini yaitu sepeda. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan bumi adalah bersepeda. Mengapa demikian?

Manfaat Bersepeda Bagi Bumi dan Diri Sendiri 

Pernahkah kamu menghitung jumlah kendaraan yang berlalu lalang di jalanan setiap hari? Rasanya kendaraan tersebut tidak pernah berhenti berjalan. Setiap detik selalu saja ada kendaraan di jalan raya.

Coba saja tengok ke dalam rumah-rumah penduduk. Rata-rata mayoritas semua orang memiliki sebuah kendaraan bermotor. Bahkan, ada yang memiliki satu buah kendaraan bermotor untuk setiap anggota keluarga.

Mungkin beberapa orang menganggap hal ini adalah bentuk kemudahan yang didapatkan dari teknologi. Fasilitas yang bisa dengan nyaman dinikmati supaya transportasi menjadi mudah. Namun sayangnya, tidak banyak orang yang menyadari bahwa semakin banyak kendaraan bermotor yang dipergunakan, semakin menyuntikkan rasa sakit kepada bumi yang kita tinggali.

Udara kotor karena polusi, minyak bumi terus menerus disedot untuk digunakan sebagai bahan bakar, kemacetan dimana-mana karena kendaraan tumpah ruah di jalan raya. Ini adalah penyakit utama memburuknya kondisi bumi saat ini.

Lalu, haruskah kita diam saja melihat hal ini terjadi? Jika ingin bumi kembali sehat, kamu bisa melakukan hal sederhana. Sebuah aktivitas simple yang banyak memberikan manfaat, yaitu bersepeda.

Mengapa bersepeda bisa mengontribusi kesehatan dan keselamatan bumi? Berikut ini beberapa alasannya.

1. Mengurangi Polusi

Dampak yang akan paling terasa dengan mengubah kebiasaan menggunakan kendaraan bermotor ke bersepeda adalah terkuranginya polusi udara. Asap yang dikeluarken oleh knalpot kendaraan akan banyak berkurang.

Manfaat Bersepeda Bagi Bumi dan Diri Sendiri

Meskipun hanya satu atau dua orang yang beralih menggunakan sepeda, hal ini tetap akan memberikan kontribusi positif. 

Kamu bisa menularkan kebiasaan baik kepada keluarga, teman dan rekan lainnya untuk turut membudayakan bersepeda. Semakin banyak orang yang menggunakan sepeda, semakin besar kemungkinan udara menjadi kembali segar. 

Gunakan sepeda untuk perjalanan yang tidak terlalu jauh seperti membeli bahan makanan, berkunjung ke teman sekampung dan lain sebagainya. 

2. Mengurangi Penggunaan Bahan Bakar

Dengan mengganti alat transportasi dari kendaraan bermotor ke sepeda, tentunya konsumsi bahan bakar yang kami gunakan pun akan berkurang.

Manfaat Bersepeda Bagi Bumi dan Diri Sendiri

Jika dalam 1 hari kamu membutuhkan 1 liter bensin untuk transportasi, maka pemakaian akan berkurang jika menggantinya dengan sepeda. Pengurangan pemakaian bahan bakar oleh satu orang bisa memberikan dampak berarti.

3. Menyehatkan Tubuh

Selain baik bagi bumi dan alam sekitar, bersepeda juga baik untuk kesehatan tubuh. Polusi udara yang kita hirup setiap hari rentan membuat kita terjangkit masalah pernafasan. Asma, batuk, flu dan lain sebagainya adalah penyakit umum penduduk masa kini.

Manfaat Bersepeda Bagi Bumi dan Diri Sendiri

Hal ini bisa dihindari dengan mulai menggunakan sepeda atau bersepeda. Bersepeda, meskipun dalam kecepatan santai, merupakan sebentuk olahraga. Kamu tetap akan mengeluarkan tenaga untuk mengayuh sepeda ke tempat tujuan.

Secara tidak disadari, kamu telah berolahraga dan melatih kerja jantung. Jantung yang sehat akan mengalirkan darah dengan lebih lancar. Secara keseluruhan, tubuh kamu akan jauh lebih sehat dan bugar.

4. Membuat Lebih Bahagia

Manfaat terakhir dari bersepeda adalah menjadikan perasaan lebih bahagia. Kesehatan mental akan terjaga karena didukung tubuh yang sehat. 

Kamu bahkan akan memiliki percaya diri lebih tinggi sehingga hidup terlihat lebih menyenangkan. Bersepeda merupakan salah satu penyebab rasa senang dan bahagia yang kamu rasakan.


Menyelamatkan bumi harus dimulai dari diri sendiri. Kita tidak selalu bisa bergantung pada orang lain atau memerintah orang lain untuk menjaga bumi yang semakin tua ini. Semuanya tergantung dari kemauan kita untuk berubah.

Kesimpulan

Bersepeda merupakan salah satu upaya untuk menyelamatkan bumi. Mengurangi polusi yang disebabkan oleh ulah kita sendiri. Aktivitas ini tidak hanya untuk diri sendiri saja, namun niatkan juga untuk menjaga bumi yang sudah semakin sakit. Ayo bersepeda!

Berlangganan via Email