Widget HTML #1

5 Langkah Hebat Agar Ginjal Sehat

Ginjal adalah organ tubuh yang berfungsi menyaring darah dan membuang cairan (sekresi) dari dalam tubuh. Sehingga ginjal merupakan salah satu bagian vital selain jantung, otak, dan hati.

Gangguan kesehatan ginjal biasanya ditandai dengan metabolisme tubuh yang tidak normal seperti muntah, lemas, sesak napas.

Jika berada pada stadium lanjut, terjadi pembengkakan pada pergelangan kaki. Butuh penanganan yang cepat agar risiko fatal yang dapat menimbulkan kematian bisa dihindari.

5 Langkah Hebat Agar Ginjal Sehat

5 Langkah Hebat Agar Ginjal Sehat

Berikut ini kami sampaikan ulasan mengenai tips menjaga ginjal agar tetap sehat, diantaranya:

1. Waspada Pemakaian Garam Berlebih

Konsumsi garam terlalu banyak akan menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kerusakan ginjal dapat terdeteksi melalui penyakit ini.

Jadi, meminimalisir konsumsi garam disertai pola hidup sehat akan dapat mengendalikan masalah ginjal menghasilkan efek lebih baik daripada konsumsi obat-obatan.

2. Hati-Hati Mengkonsumsi Daging Merah

Pastikan untuk memakan daging dalam keadaan seluruhnya matang. Konsumsi daging setengah matang akan berpengaruh pada kesehatan ginjal.

Bahkan untuk memakan daging yang makan pun memerlukan takaran tiap pekannya. Sebagai contoh, takaran konsumsi daging untuk orang dewasa adalah lebih dari 500 gram/pekan.

3. Kurangi Konsumsi Soda

Anda bisa menggantinya dengan air putih sebanyak 2 liter/hari. Namun tidak semua manusia wajib mengkonsumsi sebanyak itu karena terdapat kondisi dimana seseorang yang gemuk, dilarang untuk minum terlalu banyak karena dikhawatirkan jantung mengalami penyumbatan akibat banyaknya cairan yang mengisi rongga jantung.

Kalaupun anda tetap ingin mengkonsumsi soda, lebih baik tidak terlalu banyak karena mengandung kalori berupa pemanis buatan dan fosfor yang berbahaya bagi kesehatan.

4. Kurangi Konsumsi Makanan Olahan dan Siap Saji

Salah satu faktor yang dapat mengurangi fungsi ginjal adalah pola makan berlebihan dan tidak teratur. Anda dapat mengimbanginya dengan konsumsi sayur dan buah-buahan karena kaya vitamin dan mineral sebagai makanan ringan saat beraktifitas.

Macam-macam sayur yang berperan baik untuk fungsi ginjal adalah paprika merah, kecambah, kubis, dan bawang bombay.

Sedangkan buah-buah berry seperti rasberry, strowberry, cranberry, dan blueberry memiliki zat anti-inflamasi (anti-peradangan) yang dapat mengurangi inflamasi dan meningkatkan fungsi tubuh untuk mengeluarkan sisa makanan.

5. Menjaga Diri dari Konsumsi Gula Berlebihan

Konsumsi gula berlebihan akan membuat anda terkena diabetes dan kegemukan. Diabetes akan menyebabkan pembuluh darah di ginjal terluka sehingga ginjal tidak dapat membersihkan darah dengan baik.

Tubuh akan mempertahankan air dalam jumlah banyak dibandingkan garam. Hal ini mengakibatkan protein dalam urin sehingga limbah akan menumpuk dalam darah.

Post a Comment for "5 Langkah Hebat Agar Ginjal Sehat"