Widget HTML #1

5 Macam Gerakan Senam untuk Ibu Hamil yang Aman

Senam saat hamil merupakan salah satu upaya untuk tetap menjaga kesehatan ibu. Gerakan yang Anda lakukan saat senam juga dapat mengurangi risiko terjadinya konstipasi atau sembelit selama masa kehamilan. 

5 Macam Gerakan Senam untuk Ibu Hamil yang Aman

Senam bisa Anda lakukan pada pagi dan sore hari. Berikut gerakan senam yang aman untuk ibu hamil.

Gerakan Keseimbangan Tubuh

Gerakan ini dilakukan untuk melatih otot-otot punggung agar kuat menahan beban selama kehamilan. Membuat Anda merasa nyaman karena dapat menyeimbangkan tubuh dengan kondisi perut yang semakin membesar. Gerakan ini bisa Anda lakukan di dalam rumah dengan cara menyiapkan busa tipis sebagai alas kaki agar tidak sakit selama melakukan gerakan.

Berdiri dengan lurus kemudian angkat kaki Anda bagian kanan lurus ke belakang dengan posisi lengan bagian kiri dibentangkan ke arah depan. Posisi lengan bagian kanan Anda menahan beban tubuh dengan memegang kaki kanan Anda. Tahan posisi Anda selama 10 detik dan lakukan gerakan ini secara bergantian semampu Anda.

Gerakan Perenggangan Otot

Gerakan ini dilakukan untuk merenggangkan otot punggung Anda. Cara melakukannya dengan posisi duduk di mana punggung tegak dengan nyaman. Rentangkan kaki Anda melebar selebar yang Anda mampu. Setelah itu tubuh direbahkan ke depan dengan posisi tangan jatuh ke depan. Tahan beberapa detik sampai terasa adanya bagian otot dan paha dalam yang merenggang.

Gerakan Melatih Otot Dada

Gerakan ini bertujuan untuk melatih paru-paru dan jantung Anda agar dapat berfungsi dengan baik. Lakukan gerakan ini secara rutin setiap hari karena gerakan ini akan membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan oksigen yang dibutuhkan untuk pertumbuhan janin. Gerakan melatih otot dada ini juga akan membantu  Anda untuk proses persalinan yang lancar.

Gerakan senam ini dilakukan dengan menyiapkan dua buah botol yang telah diisi dengan air. Gunakan kedua botol sebagai barbell yang diangkat setinggi kepala Anda dengan posisi bahu tetap lurus. Katup kedua tangan Anda dan kemudian jauhkan sejajar dengan bahu. Anda cukup melakukannya selama 5-10 kali gerakan dengan rutin setiap hari.

Gerakan Pelenturan

Gerakan ini sangat mudah untuk Anda lakukan. Anda hanya perlu duduk dengan posisi tegak dan kedua tangan diletakkan pada pinggang. Luruskan kaki ke depan dan tekukan telapak kaki kanan terlebih dahulu ke dalam dan keluar sebanyak 8 kali.

Kemudian tahan dengan hitungan delapan. Rasakan terjadinya peregangan otot pada bagian betis dan paha Anda. Lakukan gerakan ini secara bergantian. Ini bertujuan untuk mengurangi keram pada bagian kaki saat memasuki usia kehamilan tua.

Gerakan Pendinginan

Anda duduk dengan posisi di mana kedua telapak kaki ditempelkan dan posisi punggung tegak lurus. Gerakan senam ini bertujuan agar otot-otot rahim Anda menjadi lebih lentur sehingga dapat membantu proses melahirkan secara normal. Tahan beberapa detik semampu Anda dan lakukan secara rutin setiap harinya.

Selain senam, Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki yang akan membantu posisi bayi agar lebih mudah masuk ke jalur lahir.

Post a Comment for "5 Macam Gerakan Senam untuk Ibu Hamil yang Aman"