Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kebiasaan Buruk Pemicu Kegemukan

Memiliki berat badan yang ideal sudah pasti merupakan dambaan setiap orang. Namun kenyataanya, sebagian dari kita ternyata masih mengalami masalah dengan yang namanya berat badan ini. Mungkin, Anda juga demikian.

Salah satu faktor yang memicu kegemukan yaitu terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak. Mengkonsumsi makanan yang berlemak tidak disalahkan, namun semuanya harus sesuai dengan porsi masing-masing.

Kebiasaan Buruk Pemicu Kegemukan

Misalnya, vitamin bermanfaat bagi tubuh namun kelebihan vitamin di dalam tubuh juga dapat membahayakan tubuh kita. Begitu pula dengan lemak. Lemak terdiri dari lemak yang baik bagi tubuh dan yang tidak baik.

Jenis lemak yang baik adalah lemak tak jenuh tunggal yang banyak terdapat pada jenis kacang-kacangan. Nah, intinya segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. Maka dari itu, konsumsilah secukupnya.

Kebiasaan Buruk Yang Memicu Kegemukan

Selain lemak yang berlebihan tadi, masih banyak lagi kebiasaan buruk pemicu kegemukan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Kurang Tidur

Mengapa kurang tidur bisa menyebabkan berat badan kita naik? Saat seseorang banyak begadang pada malam hari yang seharusnya digunakan untuk istirahat, maka hormone stress atau kortisol akan naik.

Jika hal ini terjadi, maka akan membuat kita mengonsumsi makanan yang banyak terkandung gula di dalamnya. Selain itu, kurangnya jam tidur malam dapat menyebabkan penimbunan lemak yang berlebih dalam tubuh.

2. Makan Dengan Sangat Terburu-Buru

Selain berlebih-lebihan yang kurang baik, ada satu lagi hal yang juga tidak baik yakni terburu-buru. Saat kita mengunyah makanan terlalu cepat, membuat Anda makan lebih banyak dari kebutuhan. Saat kita makan dengan perlahan-lahan, maka kita akan cepat merasakan kenyang.

Terburu-buru saat makan dapat meningkatkan kalori dalam tubuh kita. Terburu-buru saat makan selain dapat menyebabkan kegemukan, makan dengan terburu-buru juga tidak baik untuk kesehatan usus dan lambung, karena membuat usus dan lambung kita bekerja lebih keras dari biasanya.

Hal ini akhirnya membuat tubuh akan kehilangan banyak nutrisi penting yang disebabkan oleh makanan yang belum sempat dicerna dengan sempurna.

3. Mengonsumsi Minuman Bersoda Dalam Jumlah Banyak

Banyak minum minuman bersoda juga merupakan factor tubuh gemuk. Mengapa demikian? seperti dilansir Healthmad, Sabtu (19/3/2011) soda mengandung kadar gula yang tinggi.

Secara instan, gula dapat memberi energi dan membuat tubuh melepaskan serotonin yang akan memunculkan perasaan bahagia. Hal inilah yang membuat orang kecanduan Sehingga Ia terus menerus mengonsumsi minuman besoda.

Padahal di dalam minuman bersoda tidak ada nutrisi ataupun mineral hanya kafein dan gula. Selain itu dalam 600ml soda mengandung 250 kalori. Jadi, bagi Anda yang suka mengonsumsi soda secara berlebih, baiknya mulai dikurangi jika tidak menginginkan tubuh anda bertambah gemuk.

4. Minimnya Konsumsi Air Putih.

Air putih sangat dibutuhkan tubuh untuk mencerna makanan dan menyerap lemak. Bagaimana jadinya jika tidak mengonsumsi air putih sesuai dengan yang dianjurkan?

Tentu saja akan menyebabkan kendala bagi tubuh kita, terutama pada proses pencernaan dan distribusi lemak. Minum air putih yang dianjurkan adalah 7-8 gelas perhari. Minum air putih sebanyak 6-7 gelas sehari dapat menurunkan kadar kalori tubuh kita sekitar 50 kalori, sehingga dapat mengurangi resiko kegemukan.

Sebenarnya, banyak yang sudah mengetahui manfaat dari air putih ini, tapi sangat sedikit yang melakukannya.

Itulah beberapa ulasan tentang kebiasaan buruk pemicu kegemukan yang jarang diperhatikan .

Jika Anda menginginkan tubuh yang proporsional, ada baiknya menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk di atas. salam sehat!!

Post a Comment for "Kebiasaan Buruk Pemicu Kegemukan"

Berlangganan via Email