Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Manfaat Susu Kacang Kedelai Yang Begitu Besar

Kekayaan alam memang telah disediakan oleh Tuhan bagi umat-umatnya. Hewan dan tumbuhan diciptakan untuk membantu memenuhi kebutuhan manusia dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Apapun yang bisa dihasilkan oleh hewan dan tumbuhan tersebut sangat berguna bagi keberlangsungan hidup manusia.

Manfaat Susu Kacang Kedelai Yang Begitu Besar

Misalnya, padi, sayur-sayuran, serta daging dan susu yang biasa dihasilkan oleh sapi, kambing, kerbau, maupun kuda.

Selain susu yang berasal dari hewan-hewan, tumbuhan rupanya juga bisa diproses menjadi minuman yang terkenal menyehatkan. Susu terkenal yang dapat dibuat dari tumbuh-tumbuhan adalah susu kacang kedelai.

Kedelai merupakan bahan utama dalam pembuatan tempe, tahu, dan kecap. Ternyata, bukan hanya itu. Tanaman dari jenis kacang-kacangan ini juga bisa diolah menjadi minuman.

Disebut susu karena warna olahan dari kacang kedelai ini memang menyerupai susu. Putih agak kekuningan.

Sejarah Susu Kacang Kedelai

Susu kacang kedelai rupanya telah ada sejak lama. Susu ini pertama kali dinikmati oleh Dinasti Han yang berada di Tiongkok.

Awalnya, Raja Huainan, Liu An, menggiling kacang kuning atau kedelai untuk konsumsi ibunya yang tengah sakit. Ibu Liu An tidak bisa mengonsumsi makanan yang keras.

Bakti seorang anak juga rupanya menyertai legenda asal mula susu kacang kedelai ini. Liu An sangat sayang terhadap ibunya.

Kacang kedelai yang sudah halus karena digiling itu, kemudian direndam selama beberapa waktu. Setelah mengonsumsi susu kacang kedelai buatan anaknya, ibunda Liu An pun berangsur membaik.

Sejak saat itulah, susu kacang kedelai tersohor hingga seluruh dunia. Susu kacang kedelai pun telah dijadikan minuman wajib bagi masyarakat dengan kebudayaan Tiongkok.

Manfaat dan Kandungan Susu Kacang Kedelai

Kandungannya nutrisi dalam susu kacang kedelai hampir sama dengan susu yang berasal dari sapi. Terdiri dari protein, lemak, dan karbohidrat. Meskipun demikian, kandungan nutrisi susu kacang kedelai masih jauh lebih baik daripada susu hewani.

Susu kacang kedelai yang notabene berasal dari tumbuh-tumbuhan, menghasilkan lemak yang lebih rendah.

Sama halnya seperti tempe dan tahu, hasil olahan kacang kedelai berbentuk cair ini merupakan sumber protein terbaik yang diperlukan tubuh sehingga siapa pun bisa mengonsumsi susu kacang kedelai ini.

Susu kacang kedelai mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Bagi yang sering mengonsumsi susu nabati ini, istem metabolisme tubuhnya akan meningkat sehingga pencernaan pun akan lancar. Susu ini juga dapat membuat tekanan darah dan kolesterol yang tinggi menjadi turun.

Selain itu, dipercaya dapat membuat kadar gula dalam darah menjadi stabil, zat yang berguna untuk menjaga tulang dari pengeroposan, serta memperkuat daya ingat.

Wanita yang mengonsumsi susu kacang kedelai secara rutin, dapat memperlambat menopause. Selain itu, risiko terkena kanker payudara pun bisa dihindarkan.

Post a Comment for "Manfaat Susu Kacang Kedelai Yang Begitu Besar"

Berlangganan via Email