Widget HTML #1

Penyebab Dan Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Dengan Ampuh

Asam lambung naik akan membuat kita sangat tidak nyaman dalam melakukan segala aktivitas, karena menimbulkan rasa sakit yang cukup menyakitkan, yaitu menimbulkan rasa nyeri dan sakit yang di rasakan sampai ke ulu hati. Lambung adalah salah satu organ pencernaan yang mempunyai fungsi sebagai penyimpan makanan sementara.

Di lambung lah semua makanan dan cairan yang telah kita kunyah berkumpul. Di lambung terjadi proses penggilingan makanan agar halus dan bentuknya berubah menjadi lebih kecil lagi. Setelah makanan selesai di giling kemudian di salurkan ke usus halus.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Dengan Ampuh


Lambung memproduksi asam lambung, asam lambung itu mengandung enzim pepsin dan asam klorida. Jika lambung dalam kondisi normal, asam lambung di perlukan dalam membantu proses pencernaan untuk mengolah makanan. Jika asam lambung naik (memproduksi asam lambung yang berlebih) maka lapisan mukrosa terjadi iritasi dan lambung pun menjadi luka.

Sering kali asam lambung bisa sampai ke mulut, yang menyebabkan mulut terasa asam. Terkadang pada penderitanya yang cukup parah ketika asam lambung yang naik dapat menyebabkan pingsan. Jika masalah yang berkaitan dengan lambung ini tidak segera di tangani atau di obati akan mengakibatkan keseimbangan asam lambung akan terganggu secara terus menerus.

Penyebab Asam Lambung Naik

Penyebab Asam Lambung Naik

Sekresi

Maag berawal dari penyakit asam lambung. Sekresi yang berlebihan di dalam lambung akan menyebabkan asam lambung yang naik. Contoh sekresi yang berlebihan yaitu, makanan yang di cerna dan di serap oleh lambung terlalu berat, kurangnya asupan makanan yang bergizi, salahnya asupan makanan, waktu makan yang tidak teratur, jumlah makanan yang di makan terlalu sedikit, kebiasaan merokok, sering minum minuman beralkohol, terlalu banyak mengkonsumsi makanan terlalu pedas dan asam, dan yang terakhir yaitu stress dan kurang istirahat. Hal tersebut lah yang menyebabkan lambung bekerja dengan lemah.

Makanan Berbahan Pengawet

Terlalu banyak makan makanan yang mengandung bahan pengawet, terlalu banyak makan makanan yang gurih juga dapat memicu naiknya asam lambung. Mempunyai kebiasaan makan yang tergesa gesa dapat menyebabkan ada sejumlah udara yang tanpa di sengaja masuk ke dalam lambung.

Jika saat itu sudah ada sejumlah udara yang masuk dan bercampur dengan asam lambung, maka sebagian dari asam lambung itu akan keluar bersamaan dengan udara. Kejadian ini yang kadang kadang menimbulkan gejala perut terasa begah dan seperti kembung.

Makanan Yang Mengandung Gas

Perut kembung juga bisa di akibatkan oleh beberapa makanan, yaitu buah nangka, ubi, mie, buah salak, buah durian, sate kambing, kemudian minum minuman yang mengandung soda dan alkohol. Ketika asam lambung sedang melonjak tinggi, maka penderitanya akan mengalami gejala gejala tertentu seperti merasakan mual, kepala pusing, muntah muntah, dan menurunnya nafsu makan padahal perut kita merasakan lapar.

Biasanya produksi asam lambung akan meningkat pada saat tubuh kita memerlukannya ketika sedang makan. Sebaliknya, ketika tubuh kita tidak perlu membutuhkannya maka produksi asam lambung akan secara otomatis menurun kembali. Oleh karena itu jangan lah sampai kita makan terlambat agar asam lambung tidak mengalami kenaikan.

Jadwal Makan Tidak Teratur

Jadwal makan yang tidak teratur akan membuat lambung kita sulit untuk melakukan adaptasi. Jangan sampai hal ini berlanjut secara terus menerus, karena hal ini akan menyebabkan teradinya kelebihan asam dan juga akan mengakibatkan dinding lambung iritasi. Kemudian karena dinding lambung mengalami iritasi, perut akan terasa perih dan rasa mual pun akan muncul.

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

Jika asam lambung yang naik, dapat di bantu dengan minum obat maag yang banyak di jual di warung warung, atau pun apotik untuk menetralkan tekanan asam lambung sementara. Obat maag mengandung garam yang bersifat basa atau senyawa basa. Senyawa basa berfungsi untuk menetralkan asam pada lambung, mengobati infeksi pada mukosa pada lambung, mengurangi rasa sakit yang terasa akibat adanya iritasi pada mukosa atau kejang otot pada dinding lambung dan menekan produksi asam lambung.

Obat Maag

Obat obatan yang di berikan biasanya adalah antihistamin, antasid, antikolinergik, antibiotik dan demulcent. Jika semakin banyak senyawa basa yang terdapat pada di obat maag, maka akan lebih efektif dalam mengatasi gejala maag dengan cepat dan tuntas.

Tetapi jika asam lambung yang di derita itu cukup parah, sebaiknya langsung di konsultasikan pada dokter yang terkait karena asam lambung tidak boleh di remehkan begitu saja. Jika asam lambung di remehkan begitu saja dan sering muncul hingga menyebabkan sakit yang luar biasa itu akan berdampak menjadi gangguan lambung yang kronis.

Kunyit

Selain obat maag, ada juga obat alami untuk mengatasi asam lambung yang naik, yaitu kunyit. Kunyit merupakan obat maag yang sama sekali tidak mempunyai efek samping. Kurkumin yang terkandung dalam kunyit terbukti efektif dalam mencegah dan mengobati luka pada lambung yang lukanya itu di picu oleh aspirin dan phenylbotazone.

Jika kita menggunakan kunyit sebagai obat, maka luka akan sembuh dalam kurun waktu 4-12 minggu. Asam lambung juga dapat diatasi dengan cara mengubah pola hidup yang lebih sehat dan rajin rajinlah konsultasi kepada dokter. Hindari makanan makanan yang sekiranya di ketahui dapat memicu meningkatnya asam lambung. Hindari hal hal yang membuat pikiran menjadi stres.

Olahraga

Kemudian lakukanlah latihan fisik dengan teratur sesuai kemampuan anda. Dengan melakukan latihan fisik dengan teratur maka akan membuat tubuh kita menjadi segar bugar dan juga sehat. Untuk menghindari stres, kita dapat melakukan olah raga. Perbanyak lah mengkonsumsi makan makanan yang mempunyai serat tinggi seperti buah buahan dan sayur sayuran segar alami.

Atur Porsi Makan

Untuk mengatasi naiknya asam lambung yang muncul secara tiba tiba, cobalah anda makan dengan rentan waktu 3 jam sekali dalam porsi kecil atau pun sedang namun sering, mengemil makanan yang sehat seperti kue ringan, biskuit, rumput laut, agar agar dan perbanyaklah makan buah buahan untuk menjaga kondisi lambung anda, agar produksi asam lambung optimal.

Sudah diberitahukan tadi bahwa jika kita makan dalam porsi kecil tetapi sering dapat untuk mengatasi masalah masalah pencernaan yang di timbulkan oleh kadar asam lambung rendah. Jadi anda bisa melakukan cara itu jika anda tidak bisa langsung melakukan konsultasi ke dokter. Seseorang dapat menderita sakit lambung atau sakit maag dikarenakan lambung kita mengeluarkan HCL (senyawa asam klorida).

Sebenarnya jika kita makan, asam klorida tersebut atau sering di kenal dengan nama asam lambung akan keluar saat kita menelan makanan. Makanan yang sudah masuk ke dalam lambung akan di hancurkan oleh asam lambung tersebut, sehingga usus kita mampu mencernanya. Tetapi jika kita sering makan tidak teratur dan makan dalam jumlah yang sedikit, maka asam lambung yang sudah di produksi tidak menemukan makanan yang akan di hancurkan atau di cerna akibatnya asam lambung naik.

Post a Comment for "Penyebab Dan Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Dengan Ampuh"