Widget HTML #1

Mengenal Macam-Macam Diabetes Mellitus

Penyakit diabetes mellitus atau yang sering disebut kencing manis ini, memang menjadi salah satu penyakit yang menakutkan bagi siapa saja. Penyakit ini pun ternyata tidak hanya terdiri dari satu macam. Ada beberapa macam diabetes yang mungkin belum Anda pahami sepenuhnya.

Penyakit diabetes mellitus bisa terjadi pada manusia apabila di dalam tubuh manusia tersebut tidak memiliki hormon insulin yang bisa bekerja secara maksimal. Hal ini menyebabkan metabolisme tubuh menjadi kacau, khususnya dalam hal pengaturan kadar glukosa.

Mengenal Macam-Macam Diabetes Mellitus

Macam-Macam Diabetes Mellitus

Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit diabetes mellitus (DM) yang patut untuk diketahui.

DM tipe I

Penyakit diabetes mellitus tipe I adalah macam diabetes yang paling parah. Kenapa disebut paling parah? Karena diabetes tipe ini tidak bisa dicegah ataupun disembuhkan.

Umumnya yang menderita diabetes tipe I adalah orang-orang yang memang sudah mengidapnya sejak kecil, dan bukan karena faktor luar seperti pola makan yang tidak sehat. Penderita diabetes mellitus tipe I ini biasanya mudah pucat dan bertubuh kurus.

Mereka yang mengidap penyakit ini akan selalu bergantung pada insulin selama hidupnya. Insulin yang dimaksud tentu saja bukan hormon yang diproduksi oleh pankreasnya sendiri, namun suntikan insulin yang didapat dari dokter ahli.

DM tipe II

Macam diabetes yang paling banyak diderita orang adalah diabetes mellitus tipe II, dimana penyebab penyakit ini adalah karena pola hidup yang tidak sehat. Misalnya mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula tinggi atau jarang berolah raga.

Organ pankreasnya tetap bisa memproduksi hormon insulin walau dalam kadar rendah atau dengan kualitas yang tidak terlalu baik. Agar diabetes tidak terlalu parah, penderita disarankan untuk menjalani diet sehat sesuai anjuran dokter.

DM tipe III

Diabetes mellitus tipe III adalah macam diabetes yang paling baru ditemukan oleh para peneliti. Ahli kesehatan telah menemukan fakta bahwa di dalam otak terjadi produksi insulin untuk membantu kinerja sel otak.

Sayangnya, bila produksi insulin dalam otak ini terhambat atau insulin tidak bekerja dengan sempurna, penderitanya bisa terkena penyakit Alzheimer yang berbahaya.

Diabetes mellitus tipe III ini memang diabetes yang menyerang otak, dan tidak ada hubungannya dengan penyakit kencing manis.

Itulah beberapa macam penyakit diabetes yang patut diketahui, sehingga Anda pun bisa mencegah penyakit ini agar tidak menyerang kesehatan Anda. Jalanilah hari-hari dengan pola hidup sehat, maka penyakit diabetes pun akan menjauhi Anda.

Post a Comment for "Mengenal Macam-Macam Diabetes Mellitus"