Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Macam-Macam Penyakit dalam Bahasa Inggris

Referensi ilmu kedokteran lebih banyak dalam bahasa Inggris. Nama-nama obat juga sering diambil dari nama bahasa Inggris. Misalnya, ‘Inhaler’, obat hirup untuk mengobati flu. ‘Inhaler’ artinya hirup atau ambil napas.

Berkenalan dengan macam-macam penyakit dalam bahasa Inggris, selain akan menambah wawasan juga akan mempermudah kita memahami penanganan pertama pada penderita penyakit itu.

Macam-Macam Penyakit dalam Bahasa Inggris

Macam-Macam Penyakit yang Berakhiran -a

Anorexia

Penyakit yang banyak diderita oleh para wanita muda –sedikit sekali terjadi pada laki-laki– yang menginginkan tubuh kurus. Dalam otak penderita, tubuh mereka terlihat sangat gendut. Mereka tidak mau makan apa pun kecuali sedikit sekali. Ketakutan ini mengakibatkan mereka kurang gizi, mata cekung, pipi kempot. Walupun sudah kurus kering, anehnya, mereka masih merasa gendut. Anorexia adalah penyakit psikis.

Bulimia

Penyakit ini hampir sama dengan Anorexia. Bedanya, anorexic (sebutan untuk orang yang menderita anorexia), tidak mau makan, Sedangkan bulimic (penderita bulimia), mau makan, tapi lalu dimuntahkan lagi. Karena ‘kegiatan’ makan, muntah, makan, muntah ini berlangsung terus-menerus, akhirnya mengganggu kerja usus dan organ pencernaan lainnya. Ini pun penyakit psikis.

Pneumonia

Penyakit pembengkakan salah satu atau kedua paru-paru yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.

Anemia

Penyakit kurang darah akut yang menyebabkan penderitanya menjadi lemah, letih, lesu, dan lemas tak bertenaga. Anemia ini bisa menjadi penyebab atau awal dari penyakit lainnya. Kekurangan darah ini harus ditangani dan ditanggapi dengan sangat serius.

Influenza

Terkadang orang menganggap remeh penyakit satu ini. Tapi penyakit ini bila tidak ditangani dengan serius bisa manjadi awal dari penyakit yang lebih serius. Menurunnya daya tahan tubuh akibat influenza menyebabkan tubuh rentan terhadap virus yang lebih berbahaya. Apalagi bila sudah menyangkut flu burung, flu babi, dan flu-flu yang lainnya.

Malaria

Penyakit daerah tropis yang disebabkan oleh nyamuk malaria. Ada yang iseng bertanya mengapa orang Sumatra, Papua, mempunyai bulu tubuh yang banyak? Jawabannya bulu-bulu itu menghindarkan mereka dari gigitan nyamuk. Ada benarnya juga alasan ini.

Malaria dapat menyebabkan kematian. Demam tinggi yang diderita oleh pasien dapat membuat pasien bertindak brutal. Sudah ada kejadian seorang tentara menembak membabi buta yang disebabkan oleh pengaruh malaria yang dideritanya.

Hemophilia

Penyakit darah. Penderitanya tidak mempunyai mekanisme pembekuan darah dalam tubuhnya. Sehingga bila ada luka sedikit, maka darah akan keluar seperti air mancur. Sangat berbahaya dan dapat menimbulkan kematian. Penyakit ini menjadi populer ketika banyak dari anak laki-laki dari keluarga kerajaan Inggris yang menderita penyakit ini.

Macam-Macam Penyakit yang Berakhiran -is

Tonsillitis

Penyakit amandel. Penyakit ini cukup populer karena sehabis dioperasi, pasien dipersilahkan memakan ice cream sebanyak-banyaknya.

Tuberculosis

Penyakit paru-paru yang banyak menyerang orang-orang di daerah tropis seperti Indonesia.

Appendicitis

Usus buntu. Pembengkakan yang terjadi pada usus buntu dapat menyebabkan rasa sakit yang sangat menyiksa penderitanya.

Hepatitis

Penyakit hati satu ini mempunyai banyak jenis, seperti hepatitis A, hepatitis B, dan hepatitis C.

Post a Comment for "Macam-Macam Penyakit dalam Bahasa Inggris"