Widget HTML #1

Mengenal Macam-Macam Batuk

Jangan menganggap remeh batuk. Walaupun terbilang merupakan penyakit musiman akibat pergantian cuaca, batuk juga berbahaya jika tidak segera ditangani dengan baik.

Banyak macam macam batuk yang menyerang tubuh dengan berbagai sebab dan gejala. Batuk juga mudah menular dengan cepat terutama dari percikan dahak atau ludah.

Mengenal Macam-Macam Batuk

Macam-Macam Batuk Dan Gejalanya

Penyebab batuk tidak sama pada setiap penderita. Mengenal macam macam batuk serta gejalanya, dapat membantu kita dalam menentukan cara pengobatannya. Jangan sampai salah mengobati karena bisa berefek samping pada organ yang lain terutama ginjal. Obat yang diminum secara terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kerja ginjal menjadi berat.

Berikut ini macam macam batuk disertai dengan gejala yang umumnya terjadi, yaitu:

Macam-Macam Batuk Ringan

Pada umumnya macam macam batuk ringan ini gejalanya bersamaan dengan gejala influenza seperti pilek dan demam. Penyebabnya antara lain adalah pergantian cuaca, yaitu dari udara yang panas dan kering menjadi lembab dan basah.

Selain faktor cuaca, penyebab dari batuk ringan ini juga berasal dari pembawa alergi atau allergen pada masing-masing penderita. Seseorang bisa menderita batuk jika memakan makanan berminyak atau yang terlalu manis/asam.

Gejala dari batuk ringan ini antara lain batuk yang disertai demam dan mengeluarkan ingus/pilek. Masa inkubasinya juga tidak lama dan lebih cepat sembuh jika kondisi badan fit/segar.

Macam-Macam Batuk Berat/Kronis

Macam macam batuk jenis ini harus segera dibawa ke Dokter. Salah dalam minum obat akan lebih memperpanjang masa inkubasinya. Selain itu, macam-macam batuk kronis ini harus mendapatkan penanganan dan perawatan dari Dokter.

Batuk ini ditandai dengan lamanya masa inkubasi dan tidak kunjung sembuh. Macam macam batuk kronis ini antara lain TBC, batuk rejan, Asma, Pnemonia dan Bronkitis. Batuk jenis ini mudah sekali menular dan menyebar.

Pada umumnya macam macam batuk kronis ini mengalami radang dan infeksi pada paru-paru. TBC atau Tuberculosis ini juga dapat menular dengan cepat melalui percikan dahak atau ludah. TBC tidak hanya menyerang orang dewasa saja, tapi juga anak-anak dan BALITA.

Gejala dari batuk jenis ini antara lain masa inkubasinya yang lama dan tidak sembuh-sembuh, berat badan menurun, batuk yang lebih sering, pada beberapa penderita yang cukup parah dapat mengalami pendarahan atau batuk darah. Segeralah ke Dokter untuk mendapatkan penanganan dan perawatan yang lebih lanjut.

Tips Memilih Obat Batuk

Banyak macam macam batuk dengan jenis obatnya yang dijual baik di apotik maupun supermaket dengan harga bervariasi, ada yang murah dan ada juga yang mahal. Namun yang terpenting adalah perhatikanlah dosis yang tercantum dalam kemasan obat serta jenis obat yang digunakan. Dosis yang terlalu tinggi tidak baik diminum karena dapat membahayakan kesehatan, terutama bagi anak-anak.

Selain itu, perhatikan pula jenis obat macam macam batuk yang akan diminum ini, pilih obat batuk yang hanya untuk batuk dan demam saja, atau untuk batuk berdahak saja. Salah dalam memilih jenis obat batuk, hanya akan memperlambat masa kesembuhan. Jika tidak sembuh juga, segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Post a Comment for "Mengenal Macam-Macam Batuk"