Widget HTML #1

Rambutmu adalah Mahkota yang Berharga

Setiap wanita pasti selalu menjaga mahkota kepalanya, yaitu rambut. Bahkan terkadang lebih istimewa jika dibandingkan dengan anggota tubuh lainnya. Jika sudah ada yang aneh dengan mahkotanya, biasanya wanita mulai ribut dan senewen. Mengapa demikian? Ada pendapat yang mengatakan bahwa kecantikan wanita itu dimulai dari atas kepala hingga kaki serta tidak hanya kecantikan luar, tapi juga kecantikan dalamnya.

Wanita yang menarik itu tidak hanya cantik, tapi juga pintar. Wanita selalu menjaga penampilannya. Agar selalu terlihat cantik, mereka berani mengeluarkan uang berapapun untuk bisa tampil cantik dan menarik. Laki-laki biasanya terkenal dengan moto "mobilmu pribadimu dan uangmu adalah pribadimu". Tetapi untuk wanita, "rambutmu mahkotamu dan rambutmu adalah pribadimu".

Rambutmu adalah Mahkota yang Berharga

"Rambut adalah mahkota wanita”, suka atau tidak suka, kita selalu mendengar kalimat itu, baik di iklan ataupun dalam pembicaraan di seminar-seminar kecantikan. Pernyataan tersebut benar adanya karena tanpa disadari, rambut adalah mahkota seorang wanita yang dapat memancarkan aura kecantikan seorang wanita. Apalagi jika rambutnya cocok dengan bentuk wajah wanita tersebut.

Mahkota - Perlakuan Perempuan Terhadap Rambutnya

Kaum hawa selalu mempunyai kecenderungan untuk memperlakukan khusus mahkotanya, yaitu rambut, wajah, dan tubuhnya. Mereka percaya bahwa rambut yang sehat, wajah yang cantik, dan tubuh yang bagus, bisa memberikan tampilan fisik yang lebih menarik. Mungkin sebagian besar setuju dengan pendapat itu.

Namun, benarkah bahwa demi menjaga fisik yang menarik itu harus selalu dengan mengeluarkan uang? Tentu saja jawabnya tidak. Wanita yang kreatif selalu mencari informasi untuk mencari solusi yang murah tanpa harus keluar uang. Jadi kenapa harus sedikit-sedikit ke salon, sedikit-sedikit creambath, spa atau sejenisnya. Kita bisa melakukan perawatan sendiri di rumah dengan bahan- bahan alami tanpa zat berbahaya.

Mungkin anak Anda sering sekali berkata begini, "Ma, kenapa, sih rambutku, kok tidak boleh dipanjangin, masa teman-teman yang lain boleh?” Ya, setiap rambut anak Anda panjang, mungkin Anda akan selalu memotongnya.

Anda mungkin menganggap anak kecil belum bisa menjaga mahkota kepalanya. Alasannya, selain mudah dirawat juga bisa terhindar dari hewan penghuni rambut, yaitu hewan kecil, berwarna hitam yang disebut kutu rambut ataupun terhindar dari ketombe. Anak yang biasanya selalu aktif, akan mengeluarkan keringat berlebihan. Setiap rambut yang berkeringat akan menimbulkan biang ketombe.

Selain bentuk potongan rambut, kecantikan dan kesehatan rambut juga sangat penting. Percuma saja jika kita memiliki potongan rambut yang bagus, tetapi kesehatan rambutnya sangat buruk. Banyaknya rambut bercabang, ketombean, sampai dengan rambut rontok. Namun, biasanya masalah tersebut dapat diatasi dengan menggunakan shampoo yang cocok dengan rambut kita.

Beberapa wanita memang cukup kesulitan ketika ingin memanjangkan rambut, tak terkecuali Anda. Mungkin Anda tak pernah bisa memanjangkan rambut melebihi bahu. Mungkin itulah banyak wanita yang menggunakan cara cepat untuk memanjangkan rambut, istilah hair extesion pun menjadi cukup dikenali. Padahal, penyambungan rambut secara instan tersebut dapat merapuhkan akar rambut, sehingga masalah kerontokan pun akan datang. Daripada mahkota di kepala kita mendapat masalah, lebih baik jika Anda gunakan cara yang alami untuk membuatnya lekas panjang.

Mahkota - Cara Menjaga Keindahan Rambut Anda

Setiap orang pasti menginginkan rambutnya panjang dan indah. Namun, untuk mendapatkan rambut yang terurai indah, Anda perlu memerhatikan beberapa hal. Beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuat rambut menjadi lebih mudah panjang dan memesona, yaitu sebagai berikut:

a. Vitamin

Vitamin pasti diperlukan tubuh termasuk rambut kita. Jika vitamin yang diterima oleh rambut kurang, maka akar rambut akan menjadi rapuh. Hal itu akan berimbas pada volume rambut yang semakin menipis. Akar rambut yang rapuh membuat rambut kesulitan untuk tumbuh secara sehat dan lebat, sehingga penggunaan vitamin rambut sangat dianjurkan.

b. Ujung Rambut Harus Diperhatikan

Perhatikan ujung rambut secara rutin, bercabang dan kekeringan pada ujung rambut dapat menjadi alasan mengapa rambut Anda sulit sekali untuk panjang. Potong ujung rambut antara 1-2 cm. Lakukan pemotongan secara rutin pada setiap bulannya (trimmed).

c. Mengobati Ketombe

Ketombe menjadi salah satu dari sekian banyak masalah rambut yang terjadi pada banyak orang. Ketombe di kulit kepala akan membuat kulit kepala gatal, rambut menjadi rapuh, dan mudah rontok. Jika ketombe muncul, cepat obati dan ganti shampoo Anda menjadi shampoo khusus ketombe. Namun, jika ketombe tidak juga mau pergi dari kulit kepala, maka segeralah konsultasikan ke dokter kulit.

d. Peredaran Darah yang Ada di Kulit Kepala Harus Lancar

Rambut kekurangan nutrisi karena tidak lancarnya aliran darah di kepala. Memijat kulit kepala dapat dilakukan sebagai upaya untuk membuat aliran darah di kepala menjadi kembali lancar. Untuk melakukan hal ini, Anda tidak perlu pergi ke salon. Cukup pijat-pijat lembut kulit kepala Anda saat keramas.

e. Menyisir Rambut Harus Benar

Perhatikan cara menyisir rambut Anda selama ini. Siapa tahu, cara Anda salah. Kesalahan dalam merapikan rambut dapat menjadi alasan mengapa rambut mudah patah dan rusak. Ketika rambut dalam keadaan basah, jangan pernah menyisirnya dengan jenis sisir sikat karena sisir ini akan membuat rambut Anda patah. Untuk menyisir rambut dalam keadaan seperti ini, pilihlah sisir yang jari-jarinya cukup renggang.

f. Jaga Kebersihan Mahkota Kepala Anda

Keramas adalah cara paling sederhana dalam merawat rambut. Anda yang memiliki rasa malas cukup tinggi untuk keramas, maka akan mengalami gangguan rambut dan tentunya rambut juga akan sulit untuk memanjang. Shampo memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut. Shampo juga akan menghilangkan kotoran yang menempel pada kulit kepala penyebab ketombe dan masalah-masalah rambut lainnya.

g. Jangan Stres

Stres yang kita alami akan memberikan pengaruh buruk pada kesehatan rambut. Ketika stres, maka metabolisme pun akan terganggu. Hal tersebut juga ternyata berpengaruh cukup besar pada kesehatan rambut. Setiap jenis rambut itu memiliki keunikannya sendiri dan setiap jenis rambut pastinya membutuhkan perawatannya masing-masing.

Mahkota - Jenis-jenis Rambut

Jenis rambut pada setiap orang tidaklah sama. Ada beberapa jenis rambut yang kita kenal, seperti rambut lurus, rambut ikal, dan rambut keriting. Setiap jenis rambut tersebut tetaplah harus diberi perawatan. Tips merawat jenis-jenis rambut tersebut, yaitu sebagai berikut.

1. Rambut Lurus

Rambut lurus biasanya mengandung lebih banyak pelembap. Jangan menggunakan pelembap rambut yang cukup berat karena rambut akan lepek. Jika mau, maka gunakanlah gel atau spray khusus. Jangan pernah menggunakan catok untuk meluruskan rambut Anda karena ujung rambut Anda akan bercabang. Selain itu, rambut Anda pun akan kering dan rusak.

2. Rambut Ikal

Cobalah potong rambut Anda yang ikal dengan gaya trap panjang atau layer agar tak terlalu mengembang. Jagalah rambut Anda supaya tidak lepek dengan menggunakan leave-in control hair volume pada pangkal rambut sampai ujung rambut Anda.

3. Rambut Keriting

Banyak orang yang suka anak kecil dengan rambut keriting, tetapi ada kalanya setelah dewasa malahan menyesali karena memiliki rambut keriting. Ada yang bilang memiliki rambut keriting itu susah merawatnya sehingga banyak yang setelah dewasa malah sering meluruskan rambutnya. Jika terlalu sering meluruskan rambut, maka akan membuat keindahan rambut keriting Anda menjadi rusak.

Pakailah kondisioner setiap habis keramas. Bagi pemilik rambut keriting yang tipis, keringkan bagian ujung rambut dengan membalikkan rambut. Agar lebih sempurna, gunakan shine-spray untuk menampilkan kemilau indah rambut keriting Anda.

Mahkota - Cara Tradisional Merawat Rambut Anda

Tips merawat rambut tradisional yang paling umum adalah dengan ekstrak lidah buaya. Lidah buaya sudah terkenal dari dulu dalam hal merawat kesehatan rambut. Namun, lidah buaya bukan satu-satunya tanaman yang bermanfaat terhadap rambut. Buah-buahan dan tumbuhan pun mempunyai pengaruh yang besar untuk perawatan rambut. Berdasarkan pengalaman dan informasi, ada beberapa bahan yang bagus untuk perawatan rambut, yaitu sebagai berikut.

  • Telur ayam
  • Mengkudu, yang bermanfaat mencegah rambut rontok serta membuat rambut senantiasa terjaga kelembutannya
  • Buah zaitun yang bermanfaat menyuburkan serta membuat warna alami rambut terpancar dengan sempurna
  • Kacang hijau yang bermanfaat menebalkan rambut
  • Alpukat yang bermanfaat untuk melembapkan terutama digunakan saat creambath.

Selain beberapa bahan yang bagus untuk perawatan rambut tersebut, Anda juga harus mengetahui apa saja yang harus dilakukan dalam merawat rambut. Beberapa hal penting yang harus diketahui dalam merawat rambut, yaitu sebagai berikut.

  • Konsumsilah makanan bergizi
  • Berilah vitamin rambut
  • Hindari penggunaan bahan-bahan kimia yang berbahaya serta dalam jumlah yang berlebihan
  • Cucilah rambut secara rutin, yaitu bisa 2 kali sehari
  • Lakukan perawatan sesuai dengan jenis rambut yang Anda miliki

Sebenarnya, berbicara tentang rambut tak akan pernah selesai. Namun, perawatan rambut itu sesungguhnya cukup mudah, bukan? Anda tidak perlu pergi ke salon dan mengeluarkan uang dalam jumlah yang tidak sedikit, tetapi bisa dilakukan sendiri di rumah. Mahkota Anda akan selalu terjaga dengan baik jika Anda mampu merawat dan menjaganya.

Post a Comment for "Rambutmu adalah Mahkota yang Berharga"