Widget HTML #1

Berbagai Manfaat Fosfor Untuk Tubuh Kita

Fosfor merupakan mineral yang terdapat di alam. Ia biasa ditemukan bersenyawa dengan oksigen sebagai senyawa Fosfat. Keunikan mineral ini dapat berpendar memancarkan cahaya lemah di dalam gelap (glow in the dark) sesuai dengan asal kata phosphoros dalam bahasa Latin yang berarti 'pembawa terang'. Kini manfaat fosfor sangat berkembang bagi umat manusia.

Berbagai Manfaat Fosfor Untuk Tubuh Kita

Sumber Fosfor

Siklus Fosfor yang terjadi di alam tak pernah berhenti. Perjalanan Fosfor berbentuk ion Fosfat terjadi secara alami di lingkungan abiotik hingga dimanfaatkan pada proses biologis. Bebatuan di alam yang kita temukan mengandung ion fosfat. Bebatuan itu mengalami proses pengikisan dan pelapukan hingga ion Fosfat terbawa ke air sungai lalu memasuki air tanah.

Dari proses tadi, tumbuhan dapat menyerap kandungan Fosfat melalui akarnya. Sayuran hijau memiliki kandungan Fosfor karena siklus alami ini. Hal ini menjadi sesuatu yang penting dalam rantai makanan dimana herbivora mendapatkan fosfat dari tanaman yang dimakannya, lalu carnivora mendapatkan fosfat dari hewan herbivora yang dimakannya.

Kejadian alam seperti gunung meletus pun menghasilkan fosfor hingga ke seluruh area pertanian. Penguraian Fosfor di tanah pertanian terjadi secara organik dan anorganik. Kedua siklusnya berjalan saling berkaitan erat.

Beberapa makanan dan tanaman sumber Fosfor menurut healthaliciousness.com yaitu:

  • Keju parmesan. Keju jenis ini mengandung 807 mg per 100gram (1 cangkir diparut) atau 40 mg per satu sendok makan. Keju Mozzarella, Gruyere, Swiss, Gouda, Edam, Cheddar, Tilsit, dan Provolone mengandung 84 mg per 17 gram.
  • Sereal gandum atau roti dan makanan yang dipanggang lainnya mengandung 690 mg fosfor per cangkir. Dedak mengandung fosfor dengan 1677 mg per 100 gram penyajian, 1979 mg per cangkir.
  • Bibit gandum mengandung 1146 mg fosfor per porsi 100 gram, 1295 mg per cangkir, dan 321 mg per 100 gram.
  • Biji bunga matahari merupakan sumber magnesium dan vitamin E, dan banyak menyediakan nutrisi. Biji bunga matahari mengandung 1158 mg fosfor per 100 gram penyajian, 1552 mg per cangkir, dan 324 mg per 100 gram.
  • Biji wijen juga mengandung kalsium tinggi dan fosfor. Biji wijen mengandung 774 mg fosfor per 100 gram porsi, 991 mg per cangkir, dan 217 mg per 100 gram.
  • Kedelai panggang, juga dikenal sebagai edamame, Kedelai panggang menyediakan 649 mg fosfor per 100 gram penyajian, atau sekitar 1116 mg per cangkir.
  • Kacang-kacangan adalah sumber yang sangat baik fosfor. Kacang Brazil mengandung 725 mg per porsi 100 gram, 500 mg per cangkir, dan 203 mg per 100 gram. Kacang pinus mengandung 575 mg per porsi 100 gram, 776 mg per cangkir. Kacang lainnya termasuk kacang mete, kacang tanah, walnut, hazelnut, mengandung fosfor tinggi 87 mg per 100 gram.
  • Labu kuning, labu siam, dan biji semangka. Labu panggang dan biji labu mengandung 1172 mg fosfor per porsi 100 gram, yaitu 2660 mg per cangkir, dan 328 mg per 100 gram. Kuaci (biji semangka) mengandung 815 mg per cangkir.
  • Seperti halnya keju, dan biji wijen, biji rami juga merupakan sumber kalsium yang baik. Biji rami menggunakan 642 mg fosfor per porsi 100 gram, 1079 mg per cangkir, dan 64 mg per sendok makan.
  • Bacon adalah makanan bergizi, mengandung vitamin B3 (niacin) yang tinggi dan selenium. Namun, daging juga tinggi kolesterol dan harus dimakan dalam jumlah cukup oleh orang yang berisiko penyakit jantung, atau penyakit kardiovaskular lainnya. Bacon menyediakan 591 mg fosfor per 100 gram penyajian, 35 mg di satu irisan.

Manfaat Fosfor

Tubuh manusia memerlukan berbagai mineral, salah satunya adalah fosfor. Mineral ini adalah mineral kedua terbanyak dalam tubuh manusia. Zat Fosfor bekerjasama dengan Kalsium dalam proses reaksi kimia yang terjadi di tubuh manusia. Kegunaan Fosfor bagi manusia diantaranya:

  • Fosfor menjadi bagian penting dari proses pembentukan tulang dan gigi. Mineral ini membantu menjaga gusi dan enamel gigi tetap sehat. Selain itu, fosfor mampu membantu masalah tulang keropos (osteoporosis). Air mata yang tubuh kita miliki juga mampu diatur dan ditahan oleh fosfor secara normal.
  • Kadar fosfor yang cukup mampu menjaga fungsi dan kerja otak dengan baik.
  • Manfaat fosfor bagi pencernaan juga sangat penting karena ia memfasilitasi pencernaan efektif dalam tubuh dengan cara memicu vitamin B2 (riboflavin) dan vitamin B3 (niacin) hingga bekerja dengan baik. Kedua vitamin yang difasilitasi oleh fosfor tersebut memainkan peranan penting metabolisme energi, metabolisme lemak, zat keton, karbohidrat dan protein. Vitamin itu juga penting dalam pembentukan antibodi, sel darah merah, dan metabolisme pelepasan energi dan karbohidrat dalam tubuh.
  • Fosfor juga bermanfaat untuk pembentukan protein hingga nantinya akan membantu proses reproduksi dalam tubuh. Selain itu, ia juga memfasilitasi pemanfaatan protein yang berkaitan dengan waktu pertumbuhan sel-sel dalam tubuh secara maksimal. Ia pun membantu pemanfaatan lemak dan karbohidrat yang ada di tubuh manusia.
  • Fosfor dapat membantu proses ekstraksi energi dalam tubuh dengan merangsang proses nutrisi yang berbeda. Proses kimia yang terjadi dengan campur tangan fosfor mampu membantu menyalurkan energi ke bagian-bagian tubuh manusia secara efisien.
  • Proses ekskresi juga dibantu oleh kinerja fosfor yang mampu menjaga kondisi ginjal secara normal. Ia mampu mengatur secara tepat aliran limbah dari ginjal melalui proses ekskresi.
  • Fosfor juga memberikan kontribusi yang penting untuk perbaikan sel-sel dalam tubuh. Ia mampu memelihara sel-sel yang rentan terhadap kerusakan agar tetap bekerja aktif.
  • Keseimbangan hormon dalam tubuh juga memerlukan fosfor. Ia mampu menyeimbangkan jumlah hormon-hormon terutama yang berkaitan dengan reproduksi.
  • Fosfor mampu mengatasi masalah kesehatan ringan seperti kelelahan, lesu, mati rasa, dan gejala lain yang serupa. Kadar fosfor yang cukup dalam tubuh akan mampu mengatasi masalah-masalah tersebut. Rata-rata kadar fosfor untuk tubuh orang dewasa adalah 1200 mg menurut saran para ahli dan praktisi kesehatan.

Jika seseorang mengalami kelemahan secara seksual, masalah ini juga dapat disembuhkan dengan asupan mineral fosfor yang cukup, karena dengan menambah asupan fosfor setiap hari akan membuat stamina seseorang semakin kuat dan kebutuhan akan fosfor menjadi tercukupi sehingga bisa lebih sehat dan berbagai masalah kesehatan yang sebelumnya ada bisa teratasi.

Angka kecukupan gizi rata-rata per hari untuk mineral fosfor di Indonesia adalah sebagai berikut (Widya Karya Pangan dan Gizi LIPI 1993):

  1. Bayi : 200 - 250 mg
  2. Anak-anak : 250 - 400 mg
  3. Remaja dan dewasa : 400 - 500 mg
  4. Ibu hamil dan menyusui : +200 - +300 mg

Kita dapat memperoleh manfaat fosfor dari beberapa jenis pilihan makanan berikut ini:

  1. susu
  2. kacang-kacangan
  3. biji-bijian yang masih berkulit ari
  4. ikan
  5. telur
  6. daging

Kekurangan mineral Fosfor dapat terjadi karena mengonsumsi obat antasid dalam jangka waktu yang lama, ataupun kehilangan cairan melalui urine. Pintar-pintarlah memilih asupan makanan agar manfaat fosfor bagi tubuh kita dapat diserap maksimal agar tubuh tetap sehat.

Anda tentu merasa sehat dan terbantu dengan tercukupinya kandungan fosfor dalam tubuh Anda setiap hari. Berbagai aktifitas dapat Anda lakukan tanpa ada halangan yang berarti lagi semenjak kebutuhan fosfor Anda terpenuhi. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi Anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang manfaat fosfor.

Post a Comment for "Berbagai Manfaat Fosfor Untuk Tubuh Kita"