Widget HTML #1

Manfaat Bawang Merah Bukan Sekadar Bumbu Masak

Siapa yang tidak tahu bawang merah? Siapa pula yang tidak tahu manfaat bawang merah? Ya, hampir semua orang tahu bawang merah merupakan salah satu unsur yang harus ada dalam masakan. Bila tidak ada bawang merah, katanya masakan akan hambar.

Bawang merah merupakan salah satu tumbuhan semusim yang menurut kebanyakan orang, terutama kaum ibu, dipercaya sebagai salah satu faktor yang membuat masakan menjadi enak.

Manfaat Bawang Merah Bukan Sekadar Bumbu Masak

Bawang Merah Bukan Sekadar Penyedap

Manfaat bawang merah yang diketahui banyak orang selama ini hanyalah sebagai penyedap makanan. Padahal, manfaat bawang merah sangat banyak. Meski memiliki banyak manfaat, bawang merah merupakan salah satu makanan yang banyak dihindari untuk dimakan mentah. Pasalnya, bawang merah memiliki rasa yang menyengat dan bau yang tajam.

Dalam dunia memasak, bawang merah merupakan salah satu rempah-rempah paling banyak dicari karena rasanya yang sedap setelah dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Namun, bawang merah bukanlah “snack” yang enak untuk dimakan mentah. Padahal, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, manfaat bawang merah sangat banyak. Bahkan, bawang merah bisa dijadikan obat-obatan herbal.

Manfaat Bawang Merah

  1. Sebagai bumbu dapur. Manfaat bawang merah sebagai salah satu penyedap rasa atau bumbu dapur tak bisa dibantah lagi. Semua orang tahu bahwa bawang merah merupakan salah satu unsur penting dalam memasak. Hampir semua masakan menggunakan bawang merah. Masakan tanpa bawang merah akan terasa hambar.
  2. Sebagai obat. Bawang merah bisa mengikat bakteri jahat. Menurut orang tua zaman dahulu, bawang merah bisa dipergunakan sebagai obat luka terhadap kulit yang digigit serangga. Nyatanya memang benar. Saat kulit kita bengkak dan gatal digigit serangga, coba oleskan bawang merah yang sudah dikupas pada kulit yang bengkak tersebut. Hasilnya? Kulit akan kembali seperti semula, tak ada gatal dan bengkak pun hilang.
  3. Bawang merah memang mengandung zat yang bisa mengikat bakteri dan kuman. Konon, meletakkan bawang merah di atas meja atau di tempat lain yang masih dalam kawasan rumah akan membuat anggota rumah tersebut sehat. Itu karena bakteri yang bertebaran di udara diikat oleh bawang merah dan mati.
  4. Bawang merah bisa menurunkan kadar gula karena kaya akan serat. Penderita diabetes sangat dianjurkan untuk sering-sering mengonsumsi bawang merah demi menurunkan gula darah.

Bawang merah, meski rasanya kurang bersahabat dan baunya tajam, memiliki manfaat luar biasa. Manfaat bawang merah tidak bisa dianggap remeh karena nyatanya bawang merah mampu menyelamatkan seseorang yang memiliki penyakit diabetes. Oleh sebab itu, cobalah bersahabat dengan bawang merah.

Post a Comment for "Manfaat Bawang Merah Bukan Sekadar Bumbu Masak"