Widget HTML #1

Manfaat Buah-Buahan Bagi Kesehatan Tubuh

Anda penggemar buah? Berarti Anda termasuk orang yang beruntung, karena manfaat buah buahan bagi kesehatan sudah banyak dibuktikan secara ilmiah oleh para ahli. Ya, buah-buahan memang salah satu makanan wajib yang harus dikonsumsi agar Anda bisa terhindar dari penyakit.

Tidak seperti suplemen atau obat-obatan, buah-buahan akan menyehatkan tubuh Anda secara alami dan tanpa efek samping sedikitpun. Manfaat buah-buahan bagi kesehatan tak lepas dari berbagai kandungan gizi yang ada pada buah tersebut.

https://www.plazaobat.com/2021/10/cara-menjaga-kesehatan-mata-secara-alami.html

Manfaat Buah-Buahan Bagi Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa contoh manfaat buah-buahan yang sudah populer di masyarakat dengan kandungan gizi masing-masing yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Menjaga Kesehatan Mata

Masalah penglihatan sangat tergantung pada vitamin A. Vitamin ini biasanya banyak sekali terdapat pada buah yang berwarna cerah. Misalnya tomat, wortel, atau apel.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Menjaga daya tahan tubuh adalah tugas dari vitamin C yang juga berfungsi memperbaiki semua sel-sel jaringan tubuh yang rusak. Buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C adalah jambu biji, jeruk, atau mangga.

Menurunkan Kolesterol

Kolesterol sering dijadikan kambing hitam untuk beberapa penyakit. Kadar kolesterol jahat yang tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan beberapa penyakit berat, misalnya stroke, tekanan darah tinggi (hipertensi), maupun gangguan jantung.

Untuk mengatasi ini, konsumsilah buah-buahan seperti bengkuang, semangka, belimbing, mentimun atau apel.

Mencegah Dan Mengobati Penyakit Kanker

Manfaat buah-buahan bagi kesehatan khususnya mencegah penyakit kanker dipengaruhi oleh buah-buahan yang banyak mengandung komponen kimia yang sering disebut sebagai zat antioksidan.

Zat ini akan melawan semua radikal bebas yang menjadi penyebab utama tumbuhnya sel kanker. Hampir semua jenis buah memiliki zat antioksidan, karena vitamin C pun bisa berfungsi sebagai antioksidan alami yang cukup efektif membunuh sel kanker.

Contoh buah-buahan yang banyak mengandung zat antioksidan adalah sirsak, apel, tomat, atau buah naga.

Mengatasi Masalah Anemia/Kurang Darah

Anemia atau kurang darah adalah masalah kesehatan yang disebabkan oleh kurangnya pembentukan hemoglobin. Hal ini terjadi karena tubuh kekurangan zat besi yang merupakan zat paling penting untuk membantu proses pembentukan hemoglobin.

Contoh buah-buahan yang mengandung zat besi adalah alpukat, buah naga, atau apel.

Menurunkan Demam/Panas Tubuh

Salah satu manfaat buah-buahan bagi kesehatan juga untuk menurunkan panas tubuh. Buah-buahan yang memiliki kemampuan seperti ini umumnya adalah buah yang mengandung banyak air dan bersifat dingin.

Contoh buah-buahan yang bisa mengurangi demam adalah bengkuang, mentimun, atau semangka.

Membantu Proses Pencernaan

Manfaat lainnya adalah untuk melancarkan proses pencernaan agar terhindar dari sembelit dan wasir, bahkan kanker kolon. Manfaat yang satu ini adalah fungsi dari serat pangan yang umumnya dikandung oleh buah-buahan.

Contoh buah berserat tinggi adalah bengkuang, apel, atau papaya.

Menurunkan Resiko Osteoporosis (tulang keropos)

Buah-buahan juga bisa untuk menjaga dan merawat kesehatan tulang agar terhindar dari osteoporosis. Manfaat ini dipengaruhi oleh kadar kalsium yang ada dalam buah-buahan.

Contoh buah-buahan yang mengandung kalsium adalah wortel, nanas, dan biji-bijian seperti kedelai.

Itulah beberapa manfaat buah-buahan bagi kesehatan yang tentunya bisa didapat dengan mudah dan murah. Anda tinggal mengkonsumsi buah-buahan secara rutin, dan Anda pun akan terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya. Ayo makan buah dari sekarang!

Post a Comment for "Manfaat Buah-Buahan Bagi Kesehatan Tubuh"