Widget HTML #1

Bagaimana Cara Mempercepat Haid Selesai?

Menstruasi atau yang juga disebut dengan haid atau datang bulan adalah suatu siklus yang dialami oleh hampir setiap wanita. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa menstruasi selalu ditandai dengan keluarnya cairan berupa darah melalui vagina. Berikut ini akan dibahas lebih jauh mengenai cara mempercepat haid selesai.

Bagaimana Cara Mempercepat Haid Selesai?

Haid Bagi Wanita

Cairan ini merupakan hasil dari meluruhnya sel yang ada pada dinding Rahim karena tidak mendapatkan pembuahan dari sel sperma pada saat masa subur. Setiap wanita yang sehat dan memiliki sistem reproduksi yang normal, akan mengalami siklus menstruasi ini secara rutin, yakni setiap bulan.

Menstruasi atau haid merupakan suatu proses yang alami meski pada beberapa kasus, siklus menstruasi yang dialami oleh seorang wanita bisa sangat mengganggu, terutama karena berbagai perubahan yang terjadi, baik fisik maupun psikis.

Menstruasi dapat terjadi karena adanya suatu sistem yang bekerja di dalam organ reproduksi, antara kelenjar hipofisis dan kelenjar hipotalamus dalam mengontrol fungsi ovarium untuk mengatur siklus menstruasi.

Pada saat datang bulan atau menstruasi, normalnya seorang wanita mengalami pendarahan dengan siklus yang teratur, yakni kurang lebih 14 hari setelah sel telur matang.

PMS (Pre Menstrual Syndrome)

Selain keluarnya cairan hasil peluruhan sel telur dari dalam uterus, seorang wanita yang sedang datang bulan umunya juga menunjukkan beberapa gejala yang khas. Hal ini terjadi karena saat menstruasi terjadi, hormon-hormon kewanitaan mengalami fluktuasi.

Hal tersebut menyebabkan terjadinya gangguan psikis seperti menjadi lebih sensitif, sehingga menjadi lebih mudah marah, mudah tersinggung, atau justru malah menjadi pribadi yang lebih pendiam dan lembut.

Selain saat berada dalam siklus datang bulan, gejala-gejala tersebut juga seringkali timbul sebelum mnenstruasi datang atau biasa disebut dengan PMS atau Pre Menstruation Syndrome.

Tentunya, selain gejala-gejala psikis, gejala yang memengaruhi fisik juga dapat timbul seperti terjadinya rasa nyeri di sekitar pinggang dan perut, badan terasa pegal, dan cepat lelah hingga mengalami pusing hebat dan timbulnya jerawat.

Namun, rasa sakit yang dirasakan oleh setiap wanita dapat berbeda-beda. Beberapa wanita mungkin hanya mengalami rasa pegal yang biasa-biasa saja, tetapi ada pula wanita yang merasakan nyeri hebat disertai pusing yang membuatnya tidak dapat beraktivitas dengan lancar.

Bahkan, banyak pula wanita yang sama sekali tidak merasakan sakit saat siklus menstruasi datang. Meskipun siklus haid atau menstruasi merupakan suatu siklus yang sudah pasti dan rutin, tetapi banyak wanita yang berkeinginan untuk mempercepatnya atau bahkan memperlambatnya dengan berbagai alasan.

Saat ini, teknologi kedokteran sudah menemukan bagaimana cara untuk mewujudkan keinginan tersebut. Selain itu, selesainya menstruasi juga dapat dipercepat, meskipun siklusnya tidak diubah. Hal ini tentunya akan sangat berguna terutama bagi wanita yang sering mengalami gangguan atau gejala-gejala yang kurang mengenakkan saat haid.

Obat Pelancar Haid Mempercepat Haid Selesai?

Cara yang paling popular untuk mempercepat haid selesai tentunya adalah dengan meminum jamu tradisional. Jangan membayangkan bahwa jamu akan berasa pahit dan harus diminum karena saat ini sudah banyak produsen yang mengubah bentuk jamu dari yang semula cair menjadi bentuk kapsul atau pil yang tentunya lebih mudah untuk dikonsumsi.

Meskipun jamu tradisional, pil atau kapsul pelancar haid diklaim aman, tetapi ada baiknya untuk waspada dan berhati-hati. Jangan sampai keinginan untuk mempercepat mens selesai justru malah memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan.

Saat ini, banyak sekali beredar obat pelancar haid, baik pil maupun kapsul. Hal tersebut tentu saja membuat bingung karena Anda mungkin kesulitan untuk menentukan produk mana yang cocok untuk Anda.

Menurut ahli kesehatan, wanita yang ingin mempercepat selesai haidnya dengan cara mengonsumsi pil atau kapsul, ada baiknya memilih produk yang benar-benar sudah terpercaya dan sudah terdaftar di badan POM.

Selain itu, ada baiknya mempertimbangkan efek samping yang mungkin ditimbulkan saat memilih produk pelancar haid karena umunya produk-produk seperti itu akan memperngaruhi hormon.

Berbagai Mitos Terkait Mempercepat Selesainya Haid

Selain fakta kedokteran yang mengatakan bahwa cepat atau lambatnya haid seseorang tergantung dari kondisi tubuh serta organ reporduksinya, ternyata banyak pula mitos yang beredar di tengah masyarakat kita seputar hal tersebut. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Meminum Air Kelapa Muda

Hal ini belum tentu benar karena belum ada studi resmi atau lembaga riset yang mengiyakan pernyataan tersebut. Memang air kelapa mudah sangat baik bagi organ kewanitaan, tetapi untuk mempercepat selesainya haid belum bisa dibuktikan.

2. Meminum Air Soda

Mitos ini juga belum bisa dbuktikan kebenarannya. Secara logika, air soda atau air berkarbonasi dapat memicu ginjal untuk memproduksi air seni lebih banyak. Kandungan di dalamnya pun mungkin saja akan memengaruhi kondisi haid seseorang. Mungkin dengan meminum air soda, darah haid yang keluar akan banyak, tetapi belum tentu hal itu akan mempercepat haid cepat selesai.

3. Air Es Akan Memperlambat Selesainya Haid

Fakta ini disanggah oleh penelitian beberapa lembaga yang menyatakan bahwa air es dan menstruasi sama sekali tidak berhubungan.

4. Tidak Boleh Bekerja Terlalu Keras Saat Haid Karena Akan Memperlambatnya

Mungkin, beberapa gangguan fisik akan timbul saat menstruasi, tetapi hal tersebut sama sekali tidak dapat dijadikan acuan untuk tidak beraktivitas. Selain itu, haid juga tidak mengganggu tubuh untuk bisa beraktivitas dan tubuh yang merasa lelah akibat bekerja tidak akan memengaruhi siklus atau selesainya haid.

5. Pembalut Herbal, Teh Mahkota Dewa, Dan Kunyit Asam Mempercepat Selesainya Haid

Hal ini salah karena ramuan seperti kunyit asam maupun teh mahkota dewa hanya dapat melancarkan darah menstruasi saja. Sedangkan pembalut herbal lebih ditujukan untuk mencegah infeksi atau tumbuhnya jamur dan spora akibat keluarnya darah mens.

Ramuan Tradisional Pelancar Haid

Apabila Anda memang berkeinginan untuk mempercepat haid agar cepat selesai, maka dianjurkan untuk menemui dokter terlebih dahulu untuk menanyakan cara apa yang paling mudah dan aman untuk dilakukan. Ada pula beberapa ramuan tradisional yang sudah terbukti mampu membantu mempercepat selesainya haid, berikut bahan-bahannya.

  • 2 rimpang kencur seukuran ibu jari
  • Daun trengguli 1 lembar
  • Buah cengkeh tua 1 biji
  • Adas pulawaras

Cara untuk membuatnya adalah dengan mencincang kencur. Kemudian campur bersama bahan lain untuk kemudian direbus dengan air 3 gelas hingga benar-benar mendidih dan hanya tersisa sekitar 2 gelas. Saring ramuan tersebut untuk kemudian diminum 2 cangkir setiap hari.

Banyak ahli yang lebih menyarankan untuk membiarkan haid berjalan dengan alami. Mempercepatnya, untuk kondisi tertentu memang dimungkinkan, tetapi banyak kekhawatiran yang melingkupinya, seperti darah haid yang tidak bersih sempurna, infeksi, atau terjadinya gangguan pada organ reproduksi.

Tentunya, hal tersebut justru akan sangat merugikan. Namun, jika Anda tetap ingin mempercepat haid selesai, ada baiknya konsultasikan ke dokter. Demikian informasi mengenai haid yang dialami oleh para wanita. Semoga uraian tersebut bermanfaat dan menmabah wawasan Anda seputar haid.

Post a Comment for "Bagaimana Cara Mempercepat Haid Selesai?"