Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Beragam Pilihan Makanan Tinggi Kalsium Selain Susu

Beragam Pilihan Makanan Tinggi Kalsium Selain Susu

Kalsium merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan tulang dan gigi. Sayangnya bangan pangan tinggi kalsium sangat identik dengan susu. Padahal tidak semua orang suka dengan minuman ataupun makanan yang terbuat dari susu.

Belum lagi jika memilih untuk menjalani gaya hidup sebagai vegan. Karena itulah penting untuk mengetahui beragam jenis makanan yang tinggi kalsium selain susu sapi.

Pilihan Makanan Tinggi Kalsium

Selain makanan yang bergizi, tubuh juga memerlukan makanan yang memiliki kalsium yang tinggi. Karena kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh gigi dan tulang akan tetap tinggi walaupun sampai lansia.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang memiliki kalsium tinggi selain susu. Disimak ya!

Susu Kedelai

Susu Kedelai Sehat

Produk makanan yang terbuat dari kedelai seperti susu kedelai. Kini susu kedelai UHT ataupun susu bubuk kedelai banyak tersedia di berbagai superparket.

Dalam satu cangkir susu kedelai menawarkan sekitar 175 gram kalsium. Selain susu kedelai, kedelai juga dapat diolah menjadi tempe dan tahu. Dua jenis makanan yang sangat populer di Indonesia.

Jeruk

Jeruk Untuk Kesehatan

Selain kaya akan vitamin C, setengah buah jeruk ternyata menyediakan kandungan kalsium sebesar 50 gram. Karena itulah jeruk dapat menjadi alternatif pilihan bagi para vegan untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian.

Jika kurang menyukai buah ini, masih ada bayam. Satu ikat bayam menawarkan kandungan kalsium sebesar 250 mg.

Kacang Almond

Kacang Almond Kesehatan

Jenis kacang yang satu ini ternyata memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Dalam 100 gram almond menyediakan 264 miligram kalsium. Karena itulah kacang almond dapat menjadi alternatif snack sehat yang bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi Anda.

Makanan Bertulang

Ikan Teri

Ternyata makanan bertulang juga dapat menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan kalsium Anda. Beberapa contoh makanan bertulang yang populer di Indonesia diantaranya adalah bandeng presto, ayam tulang lunak atau teri. Jenis makanan ini dapat memperkuat tulang karena mengandung kalsium dan juga fosfor. Jadi jangan sampai beralasan kekurangan kalsium karena tidak suka susu ya!

Kesimpulan

Untuk mendapatkan makanan yang tinggi akan unsur kalsium, tidak harus selalu mengkonsumsi susu. Apalagi kalau kamu alergi akan susu.

Masih terdapat beberapa makanan yang memiliki unsur kalsium tinggi, seperti yang sudah dibahas diatas.

Untuk menjaga kesehatan, jangan lupa untuk menjaga pola makan, terutama mengkonsumsi makanan yang bergizi. Salam sehat

Berlangganan via Email