Widget HTML #1

Cara Dan Teknik Mengetahui Masa Subur Kehamilan

Kehamilan bisa terjadi bila sel telur di dalam rahim dibuahi oleh sperma. Bila proses ini bisa berjalan dengan sukses, maka sel telur tersebut akan menjadi janin yang terus tumbuh menjadi bayi. Namun sel telur tersebut tidak bisa sewaktu-waktu dibuahi oleh sperma. Hanya pada masa subur kehamilan sajalah rahim mengeluarkan sel telur yang sudah matang dan siap untuk dibuahi.

Pada saat inilah waktu yang tepat untuk suami melakukan hubungan dengan istrinya bila ingin mendapatkan buah hati. Untuk itu, agar bisa segera mengandung dan melahirkan lalu menimang bayi, pasangan suami isteri, terutama untuk pihak wanita perlu mengetahui kapan dirinya memasuki masa subur. Inilah pentingnya melakukan perhitungan masa subur bagi setiap wanita yang sudah menikah.

Cara Dan Teknik Mengetahui Masa Subur Kehamilan

Selain itu, dengan mengetahui masa subur kehamilan, bagi pasangan yang ingin menunda atau sudah tidak menghendaki anak lagi (karena sebelumnya sudah punya keturunan dan sudah tidak mau menambah anak lagi) bisa menghindari agar tidak melakukan hubungan badan pada waktu tersebut. Bila masih menginginkan hubungan badan bisa menggunakan alat kontrasepsi. Tujuannya tentu saja untuk menghindari kehamilan.

Teknik dan Cara Mengetahui Masa Subur Kehamilan

Untuk mengetahui masa subur kehamilan bisa menggunakan beberapa cara yaitu :

1. Memakai Sistem Perhitungan Kalender

Metode ini paling cocok diterapkan untuk wanita yang punya siklus menstruasi secara teratur. Masa subur biasanya terjadi dua minggu setelah mendapat menstruasi yang terakhir. Sedangkan bagi wanita yang masa datangnya menstruasi tidak teratur, bisa memperhatikan siklusnya selama enam bulan. Kemudian pada siklus paling panjang dikurangi sebelas. Sedangkan untuk siklus yang paling singkat dikurangi delapan. Sebagai contoh siklus paling panjang adalah 32 hari, dikurangi 11, menjadi 21. Kemudian yang paling singkat adalah 27 hari, dikurangi 8, menjadi 19. Jadi masa subur wanita tersebut adalah antara hari ke 19 hingga 21 semenjak menstruasi terakhir.

2. Melakukan Tes Pada Lendir

Cara melakukan tes masa subur kehamilan dengan metode ini adalah mengambil lendir yang keluar dari liang vagina luar, kemudian perhatikan dan rasakan dengan seksama. Bila lendir tersebut terasa licin, elastis atau kenyal dan warnanya bersih, maka itu pertanda bila wanita sedang masuk pada masa subur. Bila menghendaki kehamilan, maka segera lakukan hubungan badan agar proses pembuahan bisa terjadi.

3. Cek Suhu Badan

Pengecekan badan harus dilakukan ketika baru bangun tidur dan belum melakukan pekerjaan apapun juga. Jadi masih dalam posisi istrirahat, suhu badan diukur menggunakan alat termometer. Bila suhu badan meningkat antara 0.5 hingga 1,6 maka ini pertanda bila wanita mengalami masa subur kehamilan.

Sebelum melakukan tes ini harus dilkukan tes yang sama beberapa hari sebelumnya. Gunanya adalah untuk melakukan perbandingan. Dan agar bisa lebih akurat, sebaiknya penerapan metode ini dilakukan dalam kondisi tubuh yang sehat. Karena bila sedang sakit, bisa saja suhu badan yang naik bukan disebabkan karena memasuki masa subur, melainkan karena demam atau sebab yang lain.

4. Menggunakan Alat Uji Ovulasi

Alat untuk mendeteksi masa subur kehamilan seorang wanita ini bekerja dengan cara mengukur waktu ovulasi. Cara penggunaannya juga sama dengan menggunakan alat uji kehamilan, yaitu memakai air kencing atau urine. Jadi bisa digunakan sendiri di rumah.

Post a Comment for "Cara Dan Teknik Mengetahui Masa Subur Kehamilan"